Ini Alasan Pertandingan Perempatfinal Piala Afrika Dipindah

Duel Mali vs Guinea Khatulistiwa di 16 besar Piala Afrika
Duel Mali vs Guinea Khatulistiwa di 16 besar Piala Afrika
Sumber :
  • Twitter @CAF_Online

VIVA – Kondisi lapangan yang buruk menyebabkan tempat pertandingan perempat final dan semifinal Piala Afrika 2021 dipindahkan. hal ini diungkapkan Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF) seperti dikutip Antara dari Reuters, Kamis 27 Januari 2022.

Selama lebih dari sepekan terakhir ini ada kekhawatiran terhadap permukaan lapangan yang buruk di Stadion Japoma Douala.

Tuan rumah Kamerun masih dijadwalkan menghadapi Gambia dalam perempatfinal Sabtu lusa (29 Januari 2022) tetapi sepertinya laga itu bakal menjadi pertandingan terakhir yang dilangsungkan di stadion tersebut.

Dua pertandingan lanjutan yang dijadwalkan digelar di Stadion Japoma, yakni perempatfinal Minggu (30 Januari 2022) dan semifinal Rabu pekan depan (2 Februari 2022), telah dipindahkan ke Stadion Ahmadou Ahidjo di Yaounde, ibukota Kamerun.

Timnas Mesir di Piala Afrika 2021

Timnas Mesir di Piala Afrika 2021

Photo :
  • Tangkapan layar

Otomatis dua pertandingan perempatfinal digelar di tempat baru pada Minggu (30 Januari 2022). Keduanya adalah Mesir menghadapi Maroko dalam pertandingan pertama, dan Senegal melawan Guinea Ekuatorial.

CAF juga mengulangi ancaman mereka bahwa Stadion Olembe di mana semifinal kedua Kamis depan dan final pada 6 Februari 2022 dilangsungkan belum pasti menjadi tuan rumah kedua pertandingan itu kecuali ada jaminan keamanan dari pemerintah Kamerun.

"Komite Penyelenggara CAF AFCON (Piala Afrika) juga memerlukan jaminan bahwa intervensi dan tindakan yang tepat dan memadai sudah diambil guna memastikan insiden serupa tidak akan terjadi di Stadion Olembe," kata CAF.

Krisis lapangan menambah masalah turnamen ini yang juga dilanda berbagai infeksi COVID-19, keputusan wasit yang kontroversial, dan penyelenggaraan yang buruk. (Ant)