5 Tahun Kalender Paling Produktif Lionel Messi di Argentina

Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi
Bintang Timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • Twitter/@CONMEBOL

VIVA – Lionel Messi adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Meskipun tidak memenangkan Piala Dunia FIFA, penggemar Argentina menempatkan dia setara dengan pemenang Piala Dunia 1986 Diego Maradona. Messi, yang juga dikenal dengan julukan 'La Pulga', menjuarai Copa America pada 2021. Itu merupakan trofi mayor pertamanya di level internasional.

Messi melakukan debut seniornya untuk Argentina pada 2005, dalam usia 18 tahun. Penyerang PSG itu telah mencetak 80 gol dalam 158 penampilan untuk La Albiceleste. Sang playmaker juga telah memberikan 53 assist untuk negaranya. Meskipun mantan bintang Barcelona itu tidak terlalu sukses di turnamen internasional, ia telah menghasilkan penampilan individu yang fenomenal. Berikut adalah lima tahun kalender paling produktif Lionel Messi bersama Argentina yang disadur dari Sportskeeda.

5. Tahun 2013

Lionel Messi dan Fred di laga Timnas Argentina vs Brasil

Lionel Messi dan Fred di laga Timnas Argentina vs Brasil

Photo :
  • twitter / Argentina

Lionel Messi sangat konsisten sepanjang kariernya. Namun, dia berada di masa jayanya selama awal 2010-an, dan 2013. Messi telah mencetak enam gol dan mencatatkan empat assist dalam tujuh penampilannya untuk Argentina. Pemenang Copa America 2021 tidak kehilangan satu pertandingan pun pada 2013.

Melawan Guatemala, Messi mencetak hat-trick yang luar biasa dan membantu gol lainnya dalam kemenangan 4-0. Ia terlibat dalam tiga gol dalam kemenangan 5-2 Argentina atas Paraguay. Selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 melawan Ekuador, "Penyihir Kecil" mencetak satu gol dan memberi assist kepada rekan satu timnya untuk dua gol lainnya.

4. Tahun 2016

Lionel Messi

Lionel Messi

Photo :
  • Twitter: Timnas Argentina

Lionel Messi nyaris memenangkan Copa America Centenario pada 2016. Setelah menjadi pemain pengganti yang tidak dimainkan di pertandingan pertama, ia memainkan keempat pertandingan menjelang final. Pemain sayap berkaki kiri itu mencetak lima gol dan mencatatkan empat assist.

Final melawan Chili adalah urusan cerdik yang berakhir dengan adu penalti. Semua 22 tembakan dan selama 120 menit tidak tepat sasaran. Leo memiliki sedikit atau tidak ada dampak pada permainan dan melewatkan pilihan tempatnya. Argentina kalah adu penalti 4-2.

Argentina asuhan Messi mungkin kalah di final, tetapi dia menjalani turnamen yang hebat di level individu. Messi adalah pilihan langsung di Tim Turnamen. Secara keseluruhan, ia mencetak delapan gol dan mencatatkan enam assist pada 2016.

3. Tahun 2014

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi.

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi.

Photo :
  • Football Reporting

Lionel Messi tidak beruntung tidak memenangkan Piala Dunia FIFA 2014. Tapi, mencetak empat gol, membantu satu gol, dan sangat sensasional selama turnamen. Argentina kalah melawan Jerman di perpanjangan waktu berkat gol Mario Gotze.

Kecemerlangan Messi di Piala Dunia membuatnya mendapatkan lima penghargaan Man of the Match hanya dalam tujuh pertandingan. Penampilannya yang bermanfaat membuatnya mendapatkan tempat di Tim Turnamen Piala Dunia FIFA 2014, bermitra dengan Thomas Muller dalam serangan dua orang.

Pada tahun 2014, Lionel Messi memainkan total 14 pertandingan, dua di antaranya berasal dari bangku cadangan. Pemain sayap kanan itu mencetak delapan gol dan empat assist untuk penghargaannya pada tahun 2014. Hasil yang baik di final Piala Dunia FIFA akan membuat tahun ini lebih berkesan.

2. Tahun 2021

Lionel Messi dan Neymar usai final Copa America 2021

Lionel Messi dan Neymar usai final Copa America 2021

Photo :
  • twitter.com/CopaAmerica

Lionel Messi akhirnya memuaskan dahaganya akan trofi internasional utama pada tahun 2021 saat ia mendapatkan Copa America. Seperti yang diharapkan, pemain yang berbakat secara teknis memiliki andil yang signifikan dalam kemenangan negaranya. Bintang PSG itu mencetak empat gol dan lima assist dalam tujuh pertandingan.

Kapten Argentina itu mencetak gol terbanyak bersama Luis Diaz. Messi dinobatkan sebagai Pemain Terbaik untuk kontribusinya yang luar biasa dalam kemenangan Argentina. Eksploitasinya di Copa America akhirnya membuatnya memenangkan Ballon d'Or ketujuhnya.

2021 adalah tahun yang campur aduk bagi pembuat rekor penampilan Argentina. Meskipun dia tidak memiliki tahun yang hebat di level klub, trofi Copa America menebusnya. Dia mencetak sembilan gol dan mencatatkan lima assist pada 2021 bersama Argentina.

1. Tahun 2012

LIonel Messi dan Sergio Aguero

LIonel Messi dan Sergio Aguero

Photo :
  • https://www.instagram.com/leomessi/

2012 akan turun sebagai tahun paling produktif Lionel Messi. Bintang Barcelona saat itu benar-benar tak terbendung saat ia mencetak 91 gol untuk klub dan negaranya. Dua belas dari serangan itu datang untuk La Albiceleste, yang dengan nyaman menjadikannya tahun paling produktif bersama negaranya.

Dalam 12 penampilan untuk Argentina, pemenang La Liga sepuluh kali itu mencetak 12 gol. Meskipun satu assistnya tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang dia hasilkan di tahun-tahun sebelumnya, gol-gol Messi lebih dari sekadar menebus kurangnya assist-nya. Messi memiliki rasio gol-ke-permainan 1.