Senegal Sudah Tak Sabar Ukir Sejarah di Piala Afrika

Pemain Timnas Senegal rayakan gol.
Sumber :
  • instagram.com/caf_online/

VIVA – Senegal selangkah lagi mengukir sejarah di ajang Piala Afrika jika mereka berhasil memenangkan laga final melawan Mesir. 

Senegal Punya 2 Ibu Negara, BW Walk Out dari Sidang MK

Senegal memastikan langkah melaju ke babak final ajang Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1 di babak semifinal yang diselenggarakan pada Kamis dini hari WIB 3 Februari 2022. 

Kini selangkah lagi Senegal mencetak sejarah.  Les Lions de la Teranga tampil apik kala menghadapi Burkina Faso. Sadio Mane jadi bintang di laga tersebut dengan kontribusinya mencetak gol dan assist. 

Pertama Dalam Sejarah, Senegal Sah Punya 2 Ibu Negara

Mohamed Salah rayakan gol bersama Timnas Mesir.

Photo :
  • instagram.com/caf_online/

Duel yang digelar di Stadion Ahmadou Adhijo berlangsung seru, kedua tim berimbang dan skor 0-0 jadi penghias di 45 menit awal. Gol pembuka baru tercipta di menit ke-70 melalui aksi Abdou Diallo, enam menit berselang giliran Idrissa Gueye yang mencetak gol kedua untuk Senegal usai memanfaatkan umpan Sadio Mane. Burkina Faso sendiri baru memangkas ketertinggalan di menit ke-82, lewat Ibrahim Blati Toure. 

Diomaye Faye, Kampanye dari Penjara tapi Terpilih Jadi Presiden Termuda Senegal

Tapi harapan mereka untuk menyeimbangkan kedudukan pupus usai Sadio Mane mencetak gol menit ke-87. Skor 3-1 untuk Senegal bertahan hingga laga usai.  Dengan masuk ke final, Senegal hanya butuh satu langkah lagi yaitu menjadi juara untuk bisa mencetak sejarah. Diketahui Senegal belum pernah menjadi juara di ajang Piala Afrika. 

Senegal sebelumnya sudah pernah berada di final sebanyak dua kali yaitu di tahun 2002 dan 2019 tapi selalu kalah.

Di final, Senegal akan melawan Mesir yang menyegel tiket final usai mengalahkan Kamerun lewat drama adu penalti. Duel tersebut digelar pada Senin dini hari WIB 7 Februari 2022. 

Jelang duel bek Senegal, Kalidou Koubaly menatap optimistis final tersebut. Dia siap memberikan performa terbaiknya demi bisa membawa Senegal menjadi juara. 

"Kami absen di final 2019, dan saya berada di sana besok untuk menuliskan sejarah bagi sepakbola Senegal. Yang terpenting adalah mempersembahkan trofi itu untuk rakyat Senegal," kata Koulibaly, seperti dilansir situs resmi kompetisi. 

"Kami harus mewujudkan impian kami, yaitu menang di final. Kami siap menampilkan permainan terbaik untuk memenangkan final ini," lanjut dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya