Ngapain Sih ManCity Mainkan Kiper Veteran saat Hadapi Sporting Lisbon?

Kiper Manchester City, Scott Carson
Sumber :
  • twitter.com/ManCity

VIVA – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, membuat kejutan saat timnya menghadapi Sporting Lisbon dalam pertandingan leg 2 babak 16 besar Liga Champions 2021/22, pada Kamis dini hari WIB, 10 Maret 2022. Sebab, dia memainkan kiper veteran, Scott Carson selama 17 menit.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Duel yang berlangsung di Etihad Stadium itu berakhir dengan skor 0-0. Namun, ManCity berhasil melaju ke perempatfinal setelah unggul agregat 5-0 atas Sporting Lisbon.

Keunggulan dengan margin besar membuat Guardiola menyimpan sejumlah pemain utama mereka dan memberikan kesempatan tiga pemain akademi, yakni Conrad Jaden Egan-Riley, Luke Mbete, dan James McAtee.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Bukan hanya itu, Guardiola juga memberikan kesempatan bagi Scott Carson untuk tampil di menit 73 menggantikan Ederson Moraes. 

Ini merupakan penampilan perdana Carson di Liga Champions sejak April 2006 saat membela Liverpool menghadapi Juventus. Tercatat, itu menjadi jarak tampil paling lama sepanjang sejarah Liga Champions.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Usai laga, Guardiola menjelaskan, alasan mengapa dirinya memainkan Carson. Menurutnya, kiper berusia 36 tahun itu adalah sosok yang penting di ruang ganti ManCity dalam beberapa musim terakhir.

Guardiola pun memuji penampilan Carson selama 17 menit tersebut. Dia mengatakan, Carson masih cukup cekatan untuk membendung beberapa peluang berbahaya Sporting Lisbon yang membuat ManCity terhindar dari kekalahan.

"Kami puas dengan penampilannya. Di balik layar, dia memiliki peran yang sangat penting bagi kami. Chemistry-nya dengan Ederson dan Zack Steffen sangat bagus di ruang ganti tim," ujar Guardiola, seperti dikutip situs resmi ManCity.

"Ketika dia berbicara, semua pemain mendengarkannya. Pada laga ini, dia juga melakukan penyelamatan yang luar biasa," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya