Timnas Portugal Tak Boleh Anggap Enteng Makedonia Utara

Pemain Timnas Makedonia Utara rayakan kemenangan lawan Italia
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA – Timnas Portugal bakal melakoni laga penentu menuju Piala Dunia 2022 Qatar. Seleccao das Quinas berhadapan dengan Timnas Makedonia Utara di laga final playoff yang berlangsung di Estadio Do Dragao, Rabu dini hari WIB, 30 Maret 2022.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Di atas kertas, Portugal lebih diunggulkan. Dari rangking FIFA saja terpaut jauh. Portugal di posisi 8 dunia, sedangkan Makedonia Utara menempati peringkat 67.

Namun, Portugal tak boleh gegabah. Apalagi, Makedonia Utara baru saja tampil mengejutkan dengan menyingkirkan juara EURO 2020, Italia.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Makedonia Utara menekuk Italia 1-0 lewat gol tunggal Aleksandar Trajkovski di menit 90+2. Gli Azzurri pun gagal mentas di Piala Dunia untuk kali kedua secara beruntun.

Lawan Sulit

Hasil Lengkap: Timnas Israel Hancur Lebur, Portugal Hajar Swedia

Bicara head to head, Makedonia ternyata lawan yang cukup merepotkan untuk Portugal. Dilansir Soccerway, kedua tim baru dua kali bertemu. Hasilnya, sekali untuk kemenangan Portugal dan sekali hasil imbang.

Portugal hanya mampu meraih kemenangan tipis atas Makedonia pada 3 April 2003. Saat itu, gol tunggal Luis Figo di menit 24 membawa Portugal menang 24.

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Photo :
  • AP Photo/Luis Vieira

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo sadar betul bahaya Makedonia Utara. Pemain Manchester United ini meminta bantuan suporter agar tak bernasib sama dengan Italia.

“Saya mendesak para pendukung: Saya ingin suasana neraka dilepaskan di Dragao,” kata Ronaldo pada konferensi pers seperti dikutip Reuters, Senin, merujuk dukungan penuh tanpa henti penonton dengan membuat bising seisi stadion dengan dukungan mereka kepada Portugal.

“Saya pergi tidur tadi malam sembari membayangkan saya ingin stadion mematikan musik untuk lagu kebangsaan kami dan membiarkan pendukung menyanyikannya secara acapela guna menunjukkan semangat kami, kekuatan dan persatuan kami demi mencapai Piala Dunia."

"Jika pendukung kami menunjukkan cara yang mereka bisa, kami akan menang Selasa nanti," pungkas Ronaldo.

Head to head Portugal vs Makedonia Utara

26 Mei 2012: Portugal 0-0 Makedonia Utara (Persahabatan)
3 April 2003: Makedonia Utara 0-1 Portugal (Persahabatan)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya