10 Pemain Sepak bola Muslim Terbaik yang Ikut Puasa-Ramadhan

Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, berdoa sebelum pertandingan
Sumber :
  • Twitter/@ArsenalsRelated

VIVA – Pemain sepak bola muslim terbaik yang menjalani puasa di Ramadhan. Pesepakbola Muslim sering kali menunjukan totalitas dan tekadnya selama bulan suci Ramadhan. Dari mulai menjalani aktivitas latihan di lapangan hijau dan bermain di liga di tengah menjalani ibadah puasa.

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Tak jarang para pemain Muslim bermain di tengah cuaca yang sangat panas seperti salah satu bintang Liverpool Mohamed Salah dan Karim Benzema yang pernah bermain ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Di dalam islam puasa merupakan suatu yang wajib, seperti dijelaskan dalam Al Quran "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Surat Al Baqarah ayat 183).

Presiden Jokowi Ajak Anak Yatim Beli Baju Lebaran di Hari Terakhir Ramadan

Berikut beberapa pemain sepak bola musim terbaik yang menjalani ibadah puasa di lapangan hijau, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Mohamed Salah

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

Winger Liverpool, Mohamed Salah, mencium trofi Liga Champions.

Photo :
  • vstory

Mohamed Salah selalu membagikan ceritanya di Instagram, pernah pada bulan Ramadhan tahun kemarin Mohamed Salah sedang melakukan latihan di jam 2.40. Banyak penggemar Liverpool mengatakan bahwa Mohamed Salah mengubah jadwal latihannya yang biasa dilakukan setiap pagi kini berubah menjadi siang menjelang sore.

Pernah dalam suatu pertandingan Liga Champions pada tahun 2019, Mohamed salah sedang menjalani pertandingan, kemudian menjelang berbuka puasa, Pemain asal Mesir itu hanya meneguk satu gelas air putih sebelum melanjutkan pertandingannya. Seperti dikatakan oleh Jurgen Klopp "Sepenuhnya mendukung Mohamed Salah ketika ia sedang menjalani Puasa"

2. Sadio Mane

Sadio Mane saat membawa Liverpool juara Liga Champions 2018/2019

Photo :
  • Mirror.co.uk

Tidak hanya Mohamed Salah saja yang menjalani Ibadah puasa di Liverpool, seperti yang dikatakan oleh Jurgen Klopp "Tidak ada masalah dengan puasa para pemain saya. Saya menghormati Agama mereka, para pemain yang menjalani ibadah puasa selalu memberikan yang terbaik dilapangan terlepas sedang puasa atau tidak".

Sebelum menjalani pertandingan, Mohamed Salah dan Sadio Mane selalu telat ketika keluar dari ruang ganti, seperti diungkapkan oleh pelatih asal Jerman itu "Mohamed Salah dan Sadio Mane selalu berdoa terlebih dahulu sebelum menjalani pertandingan, dalam hidup ini banyak hal yang lebih penting dari sepak bola"

Sadio Mane pernah mengungkapan "Agama sangat penting bagi saya. Saya menghormati setiap aturan Islam dan saya selalu melakukan Shalat selama lima waktu dalam sehari dan saya tidak akan menyentuh Alkohol, tidak ada yang melarang antara agama dan keinginan saya untuk bermain bola, saya dibesarkan dengan benar, dengan cara yang benar dan orang tau saya bangga bahwa saya merupakan seorang pesepakbola."

3. Mesut Ozil

Mesut Ozil.

Photo :
  • U-Report

Salah satu gelandang terbaik dunia, Mesut Ozil selalu menjalani ibadah puasa meskipun sedang dalam bermain sepak bola, terlihat Mesut Ozil selalu mengucapkan rasa syukur kepada sang pencipta di atas lapangan, Kebiasan pemain asal Jerman itu sebelum menjalani pertandingan tidak lupa selalu membaca Al-Quran terlebih dahulu.

Seperti diungkapkan langsung oleh Mantan pemain Real Madrid itu "Saya selalu melakukan hal itu sebelum saya keluar dan masuk lapangan. Saya selalu berdoa yang terbaik dan rekam tim saya pun mengetahui hal itu jadi mereka tidak dapat berbicara dengan saya ketika sedang melakukan doa"

4. Karim Benzema

Striker Real Madrid, Karim Benzema.

Photo :
  • Twitter/@LaLiga

Striker Real Madrid itu selalu menjalankan ibadah puasa ketika bulan suci Ramadhan tiba, Karim Benzema merupakan salah satu pesepakbola muslim yang taat, Selain itu juga pemain asal prancis itu selalu membagikan kisah Ramadhannya di media sosial instagram.

Karim Benzema juga ikut berpartisipasi dalam mendukung gerakan 'Be Fit, Be Safe' pada tahun lalu, yang diadakan oleh dewan olahraga Dubai, Benzema pun menyampaikan pesan "Saya memiliki pesan untuk mesua teman sata di Uni Emirat Arab (UEA) dan untuk Muslim diseluruh dunia selama bulan Ramadhan ini, Meskipun Ramadhan tahun ini sangat sulit karena banyak orang yang terkena virus Corona, jadi kita harus saling membantu selama krisis ini, tetap aman dan jaga dirimu"

5. Riyad Mahrez

Winger Manchester City, Riyad Mahrez.

Photo :
  • Instagram/@mancity

Riyad Mahrez merupakan pemain andalan dari Manchester City, ketika ia menandatangani kontraknya bersama ManCity ditemani oleh Ibunya yang menggunakan hijab, Mahrez merupakan pesepakbola muslim yang taat.

Menjelang bulan suci Ramadhan, pemain asal Aljazair itu selalu mengucapkan rasa syukur melalui akun Twitternya dan sesekali selalu menyapa beberapa penggemarnya yang sedang menjalani ibadah puasa "Ramadhan Mubarak untuk semua saudara-saudaraku. Semoga Allah memudahkan puasa ini, berpikir dan berdoa untuk semua orang yang membutuhkan saat ini."

7. Ngolo Kante

NGolo Kante

Photo :
  • instagram

Salah satu Gelandang terbaik yang dimiliki Chelsea, Ngolo Kante pernah berpuasa secara sembunyi-sembunyi ketika bermain untuk klub sebelumnya Caen ketika menjalani pertandingan di musim panas.

Menurut sebuah laporan Storie Oh My Goal "Itu pertandingan yang sangat panas, jadi anda bisa tahu bahwa Ngolo Kante Menderita" Kata Rekan Setimnya Jerome Rothen. Jerome Rothen menambahkan lebih lanjut "Kemudian Kante menghampiri saya dan berbicara, tolong jangan katakan apa-apa saya minta anda untuk merahasiakannya"

8. Franck Ribery

Franck Ribery saat masih membela Fiorentina.

Photo :
  • instagram.com/franckribery7

Franck Ribery yang memutuskan masuk Islam pada tahun 2002 setelah menjalani pernikahannya dengan istrinya Wahida yang merupakan asli keturunan dari Aljazair, kemudian pemain asal Prancis itu menambahkan namanya Bilal setelah memeluk agama Islam.

Franck Ribery mengungkapkan setelah memeluk agama Islam "Agama adalah urusan pribadi saya. Saya seorang yang beriman dan sejak saya masuk Islam, saya pikir, saya menjadi lebih kuat, saya menjadi lebih kuat secara mental dan fisik. Agama tidak mengubah kepribadian saya atau persepsi saya tentang dunia. Saya sholat lima waktu, saya melakukannya karena merupakan suatu kewajiban saya ketika memeluk agama Islam, dan saya merasa lebih baik setelah melakukan itu"

Ribery merupakan pesepakbola yang sangat taat, menurut sebuah laporan mantan pemain Bayern Munchen itu sangat marah kepada Boateng karena menyiramnya dengan satu gelas besar yang berisi bir setelah Bayern Munchen memenangkan juara Bundesliga pada tahun 2013.

9. Edin Dzeko

Bomber Inter Milan, Edin Dzeko rayakan gol.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Daniele Mascolo

Edin Dzeko merupakan salah satu striker terbaik, Dzeko terlahir dari keluarga muslim, Striker asal Bosnia itu sukses menjadi striker terbaik dunia dimana ia telah bermain untuk Wolfsburg, Manchester City, AS Roma dan sekarang bersama Inter Milan. Edin Dzeko merupakan striker yang sangat produktif tercatat pada musim 2016/2017 dimana ia sudah mencetak 39 gol dari 51 pertandingan di semua kompetisi.

Edin Dzeko merupakan pesepakbola tersukses di Bosnia, selain mahir dalam masalah mencetak gol, Dzeko juga mahir dalam empat bahasa diantaranya Bosnia, Ceko, Jerman dan Inggris, Ia juga terlibat dalam banyak partisipasi amal dan menjadi duta UNICEF pertama di Bosnia.

Selain itu juga, Edin Dzeko merupakan muslim yang taat dalam beribadah, salah satunya ketika menjelang bulan Ramadhan Edin Dzeko selalu menjalani ibadah puasa meskipun sedang dalam pertandingan sepak bola.

10. Paul Pogba

Gelandang Mancester United, Paul Pogba

Photo :
  • Skysport

Paul Pogba merupakan salah satu muslim yang taat, Pogba terlahir dari keluarga muslim, setiap akan melakukan pertandingan Paul Pogba selalu berdoa terlebih dahulu untuk kelancaran dalam setiap pertandingannya.

Paul Pogba yang lahir di Seine Et Marne dari orang taunya Guinea, Paul Pogba dan saudaranya Florentin dan Mathias merupakan keluarga musim. Pemain Prancis itu terlihat sedang berada di Mekah selama bulan Ramadhan pada tahun 2019 dan menjalankan ibadah Umroh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya