Atletico Madrid Lebih dari Sekadar Pertahanan Solid

Pemain Atletico Madrid merayakan gol
Sumber :
  • Atletico

VIVA – Manchester City siap menjamu Atletico Madrid dalam leg pertama perempat final Liga Champions 2021/2022. Duel akan dilangsungkan di Etihad Stadium, Rabu dini hari WIB 6 April 2022.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Manajer ManCity, Pep Guardiola menyadari kekuatan Atletico. Tapi dia memiliki pandang berbeda soal gaya bermain skuad asuhan Diego Simeone.

Banyak yang menganggap Simeone meracik strategi Atletico dengan pertahanan solid nan disiplin. Tapi, Guardiola punya pandangan yang berbeda.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

"Ada kesalahpahaman tentang cara dia bermain. Ini lebih ofensif daripada yang diyakini orang. Dia tidak ingin mengambil risiko dalam menyerang, tapi mereka sangat bagus di sepertiga akhir," kata Guardiola, dikutip dari laman resmi klub.

"Mereka sangat kompetitif. Itu tergantung pada pergerakan permainan dan mereka tahu cara bermain pada saat yang tepat," imbuhnya.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Guardiola menyadari Atletico sangat pintar dalam memanfaatkan momentum pertandingan. Mereka selalu bisa mengejutkan selama 90 menit.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola.

Photo :
  • BT Sport

"Momen pertandingan, menang, kalah, menit akhir, menit awal, awal babak kedua. Dalam situasi ini mereka sangat bagus," tutur Guardiola.

Juru taktik asal Spanyol itu membeberkan lebih detail strategi Atletico. Penilaian ini berdasar pengamatan dia ketika melihat pertandingan Barcelona era Luis Enrique melawan Los Rojiblancos.

"Mereka ingin mengindari risiko di area netral. Mereka agresif dan ketika mereka memenangkan bola, mereka akan bermain," ujarnya.

"Mungkin saya salah, tapi apa yang saya lihat, mereka tidak menutup dari belakang. Mungkin kadang-kadang tidak di awal. Mereka datang untuk Anda. Mereka tidak menutup. Jika mereka bisa, mereka akan menekan," kata Guardiola.

Atletico menurut Guardiola adalah tim yang juga apik dalam permainan menekan lawan. Mereka bisa melakukan proses transisi dengan sangat baik.

Ketika dapat peluang untuk melancarkan serangan, perubahan formasi bisa mereka lakukan. Semua ini berjalan baik karena kualitas pemain yang dimiliki oleh Simeone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya