Upaya Kashima Antlers Kembalikan Kejayaan di J League

Kashima Antlers di J League 2022
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA – Kashima Antlers berupaya untuk mengembalikan kejayaan mereka di J League. Mereka masih tercatat sebagai tim paling sukses sepanjang sejarah kompetisi sepakbola Jepang yang dimulai pada 1993 silam.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Kashima Antlers tercatat sudah delapan kali juara. Mereka melakukan itu pada musim 1996, 1998, 2000, 2001, 2007, 2008, dan 2016. Di bawah mereka ada Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale yang mencatatkan empat kali juara J League.

Catatan kejayaan Kashima Antlers di J League tak berhenti sampai di situ. Mereka bersama Yokohama F. Marinos adalah dua tim belum pernah terdegradasi dari kompetisi kasta tertinggi.

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

Kashima Antlers adalah tim yang berasal dari Prefektur Ibaraki. Wilayah tersebut masih masuk dalam bagian Greater Tokyo. Nama Antlers diambil dari identitas kota Kashima, yakni Pulau Rusa.

Klub ini didirikan pada 1947 oleh perusahaan Sumimoto Metal. Mereka baru pindah ke Kashima pada 1975 dan memiliki markas di dekat kuil yang sudah memilihara rusa selama 1.300 tahun lamanya.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Lekat dengan Sepakbola Brasil

Zico saat bermain untuk Kashima Antlers

Photo :
  • Dok. J League

Kashima Antlers amat lekat dengan sepakbola Brasil. Sudah ada 10 pelatih asal Negeri Samba yang pernah menjadi juru taktik mereka. Salah satunya adalah legenda sepakbola dunia, Zico.

Sebelum menjadi pelatih, Zico merupakan pemain dari Kashima Antlers. Nama tenar dari sepakbola Brasil seperti Bebeto dan Leonardo juga pernah bermain bersama Kashima Antlers.

Nuansa sepakbola Brasil itu tak lantas membuat Kashima Antlers lupa akan bakat pemain asli Jepang. Jebolan dari klub ini yang kemudian merasakan pentas sepakbola Eropa juga ada, yakni Atsuto Uchida, Yuya Osako, Gaku Shibasaki, hingga Hiroki Abe.

Dengan deretan pemain berkualitas itu, prestasi Kashima Antlers juga bisa sampai ke level internasional. Mereka menjadi juara Liga Champions Asia pada 2018 lalu setelah mengalahkan wakil Iran, Persepolis.

Saatnya Bangkit

Gelar juara Liga Champions Asia menjadi yang terakhir bagi Kashima Antlers. Sampai sekarang, mereka belum lagi bisa menorehkan prestasi gemilang. Di level nasional, juara Liga Jepang pada 2016 yang mereka dapatkan.

Dan di musim ini, Kashima Antlers tak mau lagi menjadi tim yang kering prestasi. Mereka tancap gas di awal J League 2022 dengan menempati posisi puncak klasemen sementara yang telah memasuki pekan ke-12.

Ayase Ueda menjadi andalan Kashima Antlers di lini depan. Penyerang Timnas Jepang berusia 23 tahun tersebut tercatat sudah mencetak tujuh gol. Jumlah yang menempatkan dia posisi puncak daftar pencetak gol terbanyak.

Dalam skuad Kashima Antlers musim ini ada juga kiper asal Korea Selatan, Kwon Sun-tae. Ditambah Kento Misao, Yuma Suzuki, dan Yuta Higuchi. Mereka inilah yang jadi andalan untuk bisa merebut kembali kejayaan tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya