Meski Gagal Juara Eropa, Messi Sukses Bikin PSG Semakin Kaya

Megabintang PSG, Lionel Messi.
Sumber :
  • Instagram/@leomessi

VIVA – Walau sudah mendatangkan Lionel Messi, Paris Saint-Germain sekali lagi gagal memenuhi ambisi mereka memenangkan Liga Champions di musim ini. Meski demikian, kehadiran Messi membuat pendapatan PSG meningkat tajam.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Kedatangan Leo Messi dari Barcelona pada musim panas lalu membuat banyak orang berharap Parisians akhirnya bisa juara Eropa. Sayang, hal itu belum terwujud. Tapi Messi  berkontribusi besar pada peningkatan pendapatan PSG.

Menurut L'Equipe, Selasa 17 Mei 2022, juara Ligue 1 itu telah menghasilkan pendapatan hingga mencapai 700 juta euro. Ini merupakan rekor sejak Qatar Sports Investments mengambil alih kepemilikan klub pada 2011 silam.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Sebagiannya berasal dari sponsorship yang mengalami peningkatan sebesar 13 persen berkat kontrak yang dicapai dengan Messi (50 juta euro untuk musim ini), Crypto dan Gorillas, yang akan menghasilkan tambahan 10 juta euro.

Lionel Messi bersama Paris Saint-Germain

Photo :
  • AP Photo/Michel Euler
Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

PSG juga akan mendapatkan lebih dari 300 juta dari iklan, yang merupakan rekor baru bagi klub. Messi juga memiliki dampak besar pada bisnis klub setelah PSG berhasil menjual lebih dari satu juta jersey yang 60 persen di antaranya adalah jersey dengan nomor punggung Messi.

Saat ini, hanya Manchester United yang menjual lebih banyak jersey di seluruh dunia daripada PSG. Pendapatan tiket di markas PSG, Parc des Princes, juga memiliki pengaruh besar pada rekor pemasukan klub.

Tapi tidak semua kabar baik bagi pundi-pundi PSG di musim ini. Kegagalan cepat PSG dari Liga Champions di tangan Real Madrid telah mengurangi pendapatan televisi klub. Musim lalu mereka memperoleh 200 juta euro untuk bermain di semifinal, tetapi tahun ini angka itu dikurangi menjadi kurang dari setengahnya.

Lionel Messi

Photo :
  • footballbible
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya