Timnas Vietnam ke Final SEA Games 2021 Usai Kalahkan Malaysia

Semifinal SEA Games 2021 antara Malaysia vs Vietnam
Sumber :
  • Facebook Vietnamese Football

VIVA – Timnas Vietnam menjalani pertandingan semifinal SEA Games 2021 melawan Timnas Malaysia. Kedua tim saling berhadapan di Viet Tri Stadium, Phu Tho pada Kamis 19 Mei 2022.

Resmi Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia Vs Vietnam

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung yang memadati tribun, Vietnam berinisiatif menyerang sejak menit pertama. Skuad asuhan Park Hang-seo memberi tekanan kepada Malaysia.

Malaysia tak mau begitu saja membiarkan Vietnam leluasa. Pertahanan disiplin diterapkan oleh tim Harimau Malaya dan itu membiuat tuan rumah sulit mencetak gol.

Shin Tae-yong Kunci Mulut soal Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes Main Lawan Vietnam

Memulai babak kedua dalam kedudukan imbang tanpa gol, Vietnam kembali menekan. Malaysia tak goyah dalam pertahanannya saat dalam situasi tertekan.

Skuad asuhan Brad Maloney bahkan mampu melancarkan serangan balik cepat yang merepotkan pertahanan Vietnam. Saling jual beli serangan pun terjadi di paruh kedua laga.

Shin Tae-yong Bicara Kekuatan Timnas Indonesia Tanpa Jordi, Yance, dan Elkan

Akan tetapi, sampai wasit meniup peluit tanda 90 menit waktu normal usai, kedua tim sama-sama belum berhasil memecah kebuntuan. Laga dilanjutkan ke babak tambahan.

Semifinal SEA Games 2021 antara Malaysia vs Vietnam

Photo :
  • Facebook Vietnamese Football

Para pemain belakang Malaysia masih bisa tetap solid menghadapi tekanan Vietnam di paruh pertama babak tambahan. Sulit bagi tuan rumah untuk mencetak gol.

Upaya Vietnam mencetak gol akhirnya menemui hasil positif pada menit 111. Berawal dari tendangan bebas, Nguyen Tien Linh berhasil meneruskan umpan dari Do Hung Dung dengan sundulan.

Pemain Malaysia, Quentin Cheng menjadi yang paling disorot dengan adanya gol ini. Karena tendangan bebas itu terjadi akibat dia melakukan pelanggaran tak perlu kepada pemain Vietnam.

Posisinya pun tak menguntungkan bagi Malaysia. Karena di sisi kiri pertahanan mereka dan dekat dengan area kotak penalti.

Keunggulan Vietnam bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Mereka akan berhadapan dengan Thailand di laga final SEA Games 2021.

Thailand melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Indonesia. Butuh melalui babak tambahan juga bagi mereka untuk memenangkan pertandingan.

Sedangkan Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021. Duel kedua tim akan berlangsung pada 22 Mei 2022 mendatang.

Susunan Pemain

Malaysia: Muhammad Ghani; Quentin Cheng, Muhammad Rusmini, Harith Adam Afkar, Muhammad Murad, Muhammad Mahadi, Nik Akif, Luqman Hakim Shamsudin, Muhammad Bin Mamat, Ahmad Zikri Khalili, Ahmad Danial Asri.

Vietnam: Nguyen Van Toang; Le Van Xuan, Vu Tien Long, Nguyen Thanh Binh, Le Van Do, Nguyen Tien Linh, Cong Hoang Anh Ly, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Nham Manh Dung, Hoang Viet Anh Bui.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya