Ganas, AS Roma Juara Liga Konferensi Eropa

AS Roma juga Liga Konferensi Eropa 2021/22
Sumber :
  • Twitter/@europacnfleague

VIVA – AS Roma sukses menjadi juara Liga Konferensi Eropa usai menundukkan Feyenoord Rotterdam pada partai final yang digelar di Air Albania Stadium, Kamis dini hari WIB, 26 Mei 2022. Pasukan Jose Mourinho menang berkat gol tunggal Nicolo Zaniolo.

Karier Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan hingga Degradasi di SPAL dan Bhayangkara FC

Feyenoord dengan cepat mengambil inisiatif serangan. Mereka menyisir sisi sayap dan dengan cepat Tyrell Malacia mengirim umpan ke kotak penalti. Roger Ibanez dengan sigap menghalau ancaman tersebut.

Roma harus melakukan pergantian dini di menit 17. Henrikh Mkhitaryan mengalami cedera dan digantikan Sergio Oliveira.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Kehilangan Mkhitaryan sedikit terasa dalam permainan I Giallorossi. Namun, mereka masih cukup lihai dalam memanfaatkan serangan balik cepat.

Buktinya, pasukan Jose Mourinho mampu unggul lebih dulu di menit 32. Nicolo Zaniolo menerima umpan Gianluca Mancini dengan sempurna di kotak penalti Feyenoord sebelum menuntaskannya dengan sontekan yang mengoyak gawang yang dikawal Justin Bijlow. 

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

1-0 Roma unggul yang bertahan hingga turun minum.

Selebrasi pemain AS Roma, Nicolo Zaniolo, usai bobol gawang Feyenoord

Photo :
  • Twitter/@europacnfleague

Feyenoord langsung tancap gas di awal babak kedua. Guus Til memanfaatkan kemelut di kotak penalti dan kemudian melepaskan tembakan voli yang sialnya masih membentur tiang gawang.

Menit 50, wakil Belanda itu kembali menebar ancaman. Feyenoord melakukan serangan bertubi-tubi yang membuat Roma kewalahan.

Tyrell Malacia melepaskan tembakan dari jarak dekat yang mengarah ke pojok kanan atas Roma. Tapi, Patricio secara heroik bisa menggagalkan sepakan tersebut.

Satu jam laga berjalan, Roma masih lebih banyak bertahan lantaran terus menerima serangan dari Feyenoord. Mereka hanya sesekali keluar dari tekanan untuk melancarkan serangan balik.

Menit 73, Giallorossi mendapat kesempatan untuk mengancam. Diawali situasi sepak pojok, bola liar diterima oleh Jordan Veretout yang tanpa pikir panjang melakukan tembakan dan mengarah ke gawang. Dia membuat Justin Bijlow harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Bijlow lagi-lagi menyelamatkan timnya dari kebobolan lebih banyak setelah menepis tembakan Lorenzo Pellegrini di menit 86. Dia mementahkan peluang tersebut yang berpeluang besar menjadi gol.

Tekanan Feyenoord jadi semakin membabi buta jelang menit akhir pertandingan. Tapi, pertahanan solid yang dibangun Roma tetap tak mampu ditembus wakil Belanda tersebut.

Roma pun berhasil menjadi juara di edisi perdana Liga Konferensi Eropa usai skor 1-0 bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain

AS Roma: Rui Patricio (PG); Chris Smalling, Roger Ibanez, Gianluca Mancini, Rick Karsdorp (Matias Vina 89'), Bryan Cristante, Henrikh Mkhitaryan (Sergio Oliveira 17'), Nicola Zalewski (Leonardo Spinazzola 67'), Lorenzo Pellegrini, Tammy Abraham (Eldor Shomurodov 89'), Nicolo Zaniolo (Jordan Veretout 67').

Feyenoord Rotterdam: Justin Bijlow (PG); Lutsharel Geertruida, Gernot Trauner (Marcus Pedersen 74'), Marcos Senesi, Tyrell Malacia, Fredrik Aursnes, Orkun Kokcu, Reiss Nelson (Brian Linssen 74'), Guus Til (Jens Toornstra 59'), Luis Sinisterra, Cyriel Dessers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya