Liverpool Vs Real Madrid, Kenangan Manis The Reds di 'Kota Cahaya'

Trofi Liga Champions.
Sumber :
  • Twitter/@ChampionsLeague

VIVA – Kompetisi kasta tertinggi Benua Eropa, Liga Champions musim 2021/22, tak lama lagi akan mencapai puncaknya. Dua tim terbaik, Liverpool dan Real Madrid, bakal bentrok di Stade de France, Minggu dini hari WIB, 29 Mei 2022.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Laga ini menjadi partai ulangan final 2018 lalu yang juga mempertemukan tim yang sama. Namun, kala itu Real Madrid yang berhasil pulang dengan kemenangan lewat skor meyakinkan 3-1.

Sepanjang sejarahnya, ini merupakan pertemuan ketiga bagi Liverpool dan Madrid berhadapan di laga pamungkas. Sebelumnya 2018, mereka sempat berhadapan pada musim 1980/81 atau 31 tahun silam.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Kala itu, The Reds yang sukses keluar sebagai juara kompetisi yang masih bernama Piala Eropa tersebut. Gol tunggal Alan Kennedy sudah cukup bagi Liverpool untuk membawa pulang trofi 'Si Kuping Besar' ke Tanah Inggris.

Uniknya, kemenangan itu didapat The Reds di Prancis. Ya, saat itu partai puncak digelar di Parc des Princes, markas Paris Saint-Germain, yang terletak di kota Paris yang memiliki julukan :City of Lights” atau “Kota Cahaya”.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Kebetulan, final tahun ini juga digelar di Prancis. Hanya saja digelar di tempat yang berbeda, yakni Stade de France yang berlokasi di wilayah Saint-Denis, sekitar 10 km di utara Paris.

Jika ditilik lebih dalam, kemenangan yang diraih Liverpool di musim itu merupakan kekalahan terakhir yang dirasakan oleh Los Blancos ketika tampil di laga pamungkas Liga Champions.

Setelahnya, Real Madrid tak pernah kalah di 8 final berikutnya, yakni 1998, 2000, 2002, 2014, 2016, 2017, 2018.

Dengan demikian, bisa dibilang The Reds merupakan tim terakhir yang bisa menghalangi El Real dalam merengkuh gelar juara Liga Champions.

Tentu, kubu Liverpool berharap tuah main di Prancis bisa didapatkan lagi di tahun ini. Pasalnya, mereka juga mengusung misi balas dendam atas kekalahan di pertemuan sebelumnya sekaligus ingin menjadi klub Inggris pertama yang mengoleksi tujuh gelar Liga Champions.

Dengan final yang dipastikan kembali dihelat di Prancis, apakah Liverpool bisa kembali mengulang kenangan manis tersebut? Ataukah Real Madrid yang justru meneruskan tren positifnya saat mentas di laga pamungkas?

Jawabannya akan segera diketahui malam nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya