Juergen Klopp: Penyelamatan Courtois Kelas Dunia

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.
Sumber :
  • AP Photo/Petr David Josek

VIVA – Manajer Liverpool Juergen Klopp memberi apresiasi kepada kiper Real Madrid Thibaut Courtois. Pria asal Belgia itu dianggap Klopp telah melakukan penyelamatan kelas dunia ketika kedua tim berhadapan dalam final Liga Champions di Stade de France, Prancis pada Minggu dini hari WIB 29 Mei 2022.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool beberapa kali berhasil mengurung pertahanan Madrid. Mereka mendapatkan peluang berbahaya dan sayangnya tidak bisa dimaksimalkan menjadi gol.

Courtois tamil gemilang di bawah mistar gawang Madrid. Peluang dari lawan dimentahkannya sehingga gawang yang dikawal bersih dari kebobolan.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Liverpool harus mengakui keunggulan Los Blancos dengan skor 1-0. Statistik 24 kali percobaan ke gawang lawan oleh Liverpool tak mampu menghasilkan gol balasan.

"Dengan 24 tembakan dan saya ingat ada tiga situasi di mana Courtois melakukan penyelamatan yang tepat. Penyelamatan kelas dunia," kata Klopp, dikutip dari Tribal Football.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool

Klopp juga memberi ucapan selamat kepada Madrid. Kemengan ini pantas mereka dapatkan, dan tugas Klopp berikutnya adalah membuat timnya lebih solid lagi.

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek

"Madrid pantas mendapatkan trofi Liga Champions. Jika Anda kalah, Anda harus berpikir bisa melakukannya lebih baik lagi. Normal saja kami berpikir begitu," tutur Klopp.

Klopp juga tak mau lantas menyalahkan para pemain. Dia menilai, di atas lapangan ketika melawan Madrid, anak asuhnya menunjukkan semangat luar biasa."Saya melihat banyak hal bagus. Tim saya penuh dengan keinginan, gairah, dan kami berusaha sangat keras tapi kemudian tidak mendapatkan hadiah," ujar juru taktik asal Jerman tersebut.

Kegemilangan Courtois pada pertandingan ini berbuah penghargaan man of the match. Statistik menunjukkan dia melakukan sembilan penyelamatan.

Tim Pemantau Teknik UEFA tak ragu untuk memberikannya gelar man of the match final Liga Champions. "Penyelematan penting pada saat-saat kritis di selama babak pertama ketika Liverpool berada di puncak. Juga penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan upaya Mohamed Salah."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya