Juergen Klopp Samai Rekor Buruk Marcello Lippi di Final Liga Champions

Manajer Liverpool, Juergen Klopp.
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

VIVA – Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menyamai rekor kekalahan terbanyak yang dipegang Marcello Lippi di final Liga Champions

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Klopp gagal membawa Liverpool juara Liga Champions 2021/22 usai dikalahkan Real Madrid dengan skor 0-1 di Stade de France, Minggu dini hari WIB, 29 Mei 2022.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp.

Photo :
  • AP Photo/Jon Super
5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Kekalahan di Paris melawan Los Blancso adalah kali ketiga bagi sosok asal Jerman itu gagal menang di partai puncak Liga Champions.

Hasil itu pun membuat Klopp setara dengan Lippi. Keduanya kalah tiga kali di final mereka masing-masing dan hanya satu kali menang.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Bagi Lippi, keempat finalnya dilakoni saat menjadi pelatih Juventus. Pada kesempatan pertama, Lippi berhasil membawa Juventus juara Liga Champions 1995/96 usai mengalahkan Ajax melalui drama adu penalti.

Marcello Lippi

Photo :

Dua musim kemudian, Juventus asuhan Lippi berhasil melaju ke final secara berturut-turut. Namun, Bianconeri harus puas menjadi runner up secara beruntung usai dikalahkan Borussia Dortmund (1996/97) dan Real Madrid (1997/98).

Lippi sempat meninggalkan Juventus pada 1999, tapi kembali lagi untuk menjalani periode keduanya pada 2001. Pada musim berikutnya, Lippi sukses membawa Juventus ke final Liga Champions 2002/03 untuk menghadapi AC Milan.

Namun, lagi-lagi Lippi gagal memberikan gelar Liga Champions bagi Juventus usai dikalahkan AC Milan asuhan Carlo Ancelotti melalui drama adu penalti.

Sepuluh tahun kemudian, Klopp berhasil lolos ke final Liga Champions pertamanya bersama Borussia Dortmund. Di final Liga Champions musim 2012/13, Dortmund asuhan Klopp dipaksa menyerah dari Bayern Munich dengan skor 1-2.

Final Liga Champions kedua Klopp terjadi pada musim 2017/18 bersama Liverpool. Final pertamanya Klopp bersama Liverpool juga belum membuahkan trofi usai mereka dibantai Real Madrid dengan skor 1-4.

Musim berikutnya, Klopp akhirnya berhasil tren negatifnya di final usai membawa Liverpool juara Liga Champions 2018/19. Saat itu, Liverpool berhasil mengalahkan Tottenham Hostpur 2-0.

Terbaru, Klopp menjalani final Liga Champions keempatnya bersama Liverpool pada musim ini dengan menghadapi Real Madrid. Hasilnya, kekalahan 0-1 dari Real Madrid membuat Klopp menyamai pencapaian Lippi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya