Hasil UEFA Nations League: Belanda Sikat Habis Belgia

Striker Timmas Belanda, Memphis Depay.
Sumber :
  • Twitter/@EURO2024

VIVA – Laga seru tersaji dalam matchday perdana Grup A4 UEFA Nations League 2022/23 saat Timnas Belgia berjumpa Belanda di Stade Roi Baudouin, pada Sabtu 4 Juni 2022, dini hari WIB. Di laga tersebut, Timnas Belanda berhasil unggul telak atas Belgia.

Pantas Saja Shin Tae-yong Kepincut Bek Liga Belanda Ini, Ternyata Statistiknya Mengerikan

Selepas kick off, Belanda langsung berusaha mengambil inisiatif penguasaan bola, Sementara itu, Belgia coba mengimbanginya dengan menerapkan permainan agresif.

Pada menit ke-16, Belanda nyaris membuka keunggulan mereka. Namun, tembakan yang dilepaskan Steven Berghuis masih bisa diamankan oleh kiper Belgia, Simon Mignolet.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Belanda berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-40. Steven Bergwijn melepaskan sepakan jarak jauh yang meluncur datar ke dalam gawang Belgia.

Belanda mendapatkan hadiah penalti pada menit 43 setelah Timothy Castagne dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Namun, wasit menganulir hadiah penalti tersebut usai meninjau tayangan VAR.

Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Belanda mampu mengamankan keunggulan 1-0 atas Belgia.

Usai jeda, Belanda tak mengendurkan aliran serangan mereka. Bahkan, babak kedua baru berjalan enam menit, Memphis Depat sukses menggandakan keunggulan Belanda lewat sepakannya usai memanfaatkan umpan Berghuis.

Pada menit 61, Mignolet kembali harus memungut bola dari gawangnya. Kali ini, giliran Denzel Dumfries yang berhasiil mencetak gol usai memaksimalkan umpan matang dari Daley Blind.

Empat menit kemudian, Depay sukses mencetak brace di pertandingan ini. Penggawa Barcelona itu menerima bola umpan dari Blind dengan dadanya sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu diamankan Mignolet.

Tertinggal empat gol tak membuat Belgia kehilangan semangat. Mereka mampu memperkecil kedudukan pada masa injury time melalui aksi Michy Batshuayi.

Hingga laga berakhir, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Belanda sukses menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan 4-1 atas Belgia.

Berkat hasil ini, Belanda untuk sementara memuncaki klasemen Grup A4 dengan perolehan 3 poin. Sedangkan, Belgia berada di dasar klasemen dengan raihan tanpa poin.

Susunan pemain

Belgia: Simon Mignolet; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Dedryck Boyata; Thomas Meunier, Kevin De Bruyne, Axel Witsel, Timothy Castagne; Hans Vanaken, Romelu Lukaku, Eden Hazard.

Belanda: Jasper Cillessen; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Davy Klaassen, Frenkie de Jong, Daley Blind; Steven Bergwijn, Steven Berghuis, Memphis Depay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya