Kylian Mbappe Dapat Lebel Pemain Paling Berharga di Dunia

Bomber PSG, Kylian Mbappe.
Sumber :
  • AP Photo/Francois Mori

VIVA – Penyerang Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe menjadi pemain paling berharga di dunia versi CIES Football Observatory, Selasa 07 Juni 2022.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Pemain Prancis itu memiliki harga 175 juta poundsterling atau sekitar 3,1 triliun, menempatkan ia menjadi pemain paling mahal di dunia dibawah Vinicius Junior dari Real Madrid dan Erling Haaland dari Manchester City.

Erling Haaland didatangkan dari Borussia Dortmund dengan harga 68 juta poundsterling. Harganya meningkat setelah dikontrak oleh Manchester City menjadi 130 juta Poundsterling, harganya hampir meningkat dua kali lipat.

5 Fakta Menarik Real Madrid Usai Permalukan Barcelona di LaLiga

Bomber Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Cathrin Mueller

Sementara Phil Foden, Ruben Diaz dan Luis Diaz termasuk 10 pemain termahal di dunia yang bermain di Premier League. Selain itu ada satu nama yang memiliki nilai yang cukup besar dan menjadikan pemain Inggris termahal yaitu gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham yakni memiliki klausul pelepasan seharga 114 juta poundsterling.

Senangnya Kylian Mbappe Bawa PSG ke Semifinal Liga Champions

Tidak mengherankan melihat nama-nama di atas sebagai pemain termahal di dunia, kebanyakan dari daftar pemain berbakat itu merupakan para pemain muda berbakat. Kylian Mbappe tidak akan masuk dalam urutan teratas jika ia tidak memperpanjang kontrak selama tiga musim bersama PSG.

Premier League telah mendominasi para pemain termahal di dunia. Seperti Jadon Sancho dan Bruno Fernandes dari Manchester United, Mason Mount dan Kai Havertz dari Chelsea, Bukayo Saka dari Arsenal dan Trent Alexander Arnold dari Liverpool. Semua pemain tersebut masuk dalam jajaran 100 pemain termahal di dunia dan semuanya berada di urutan 25 besar.

Striker Real Madrid, Vinicius Junior

Photo :
  • twitter.com/realmadriden

Faktor usia juga yang menentukan harga jual pemain menjadi tinggi. Seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Kevin De Bruyne yang sudah memasuki usianya 30 tahun keatas, jadi tidak masuk dalam daftar pemain termahal di dunia. Sementara Gavi menjadi pemain muda terhalangi dengan usianya yang masih 17 tahun.

Seperti target Manchester United Darwin Nunez yang memiliki klausul pelepasan yang sudah ditentukan oleh Benfica sebesar 96 juta poundsterling dan Frenkie De Jong dari Barcelona yang memiliki harga 70 juta poundsterling. Meskipun pihak manajemen Manchester United masih melakukan proses negosiasi dengan kedua permainan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya