Kisah Donnarumma Jadi Kapten Timnas Italia dalam Kondisi Cedera

Pertandingan Timnas Italia melawan Hungaria di UEFA Nations League
Pertandingan Timnas Italia melawan Hungaria di UEFA Nations League
Sumber :
  • Massimo Paolone/LaPresse via AP

VIVA – Gianluigi Donnarumma menyandang ban kapten Timnas Italia saat menjamu Timnas Hungaria di Stadio Dino Manuzzi, Rabu dini hari WIB 8 Juni 2022 dalam lanjutan Grup 3 UEFA Nations League A. Duel ini berkesudahan dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Pelatih Italia, Roberto Mancini menurunkan barisan pemain muda dalam pertandingan ini. Nicolo Barella dan Lorenzo Pellegrini mencetak gol pada babak pertama. Hungaria memangkas ketertinggalan berkat gol bunuh diri Gianluca Mancini.

Donnarumma mengatakan, para pemain muda ini sudah tahu betul jika harus bermain maksimal. Rentetan hasil buruk, termasuk gagal ke Piala Dunia 2022 harus segera diakhiri.

"Kami tahu kalau harus berubah dan memulai kembali dengan pemain muda setelah periode yang sulit," kata Donnarumma, dikutip dari laman resmi UEFA.

"Para pemain muda datang ke sini dengan semangat yang tepat, mengetahui bahwa Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk jersey ini," imbuhnya.

Ini adalah kali pertama Donnarumma menjadi kapten Italia. Sebuah pengalaman yang membuatnya sangat emosional dan tak bisa mengungkapkan perasaan dengan kata-kata.

Pemain Italia rayakan gol Lorenzo Pellegrini.

Pemain Italia rayakan gol Lorenzo Pellegrini.

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

"Ban kapten adalah emosi yang tak terlukiskan, mengenakan jersey nomor satu dan ban kapten adalah sesuatu yang membuat Anda tidak bisa berkata-kata," tutur Donnarumma.

Kiper asal klub Paris Saint-Germain tersebut memaksakan diri untuk bermain dalam laga ini. Meski kondisinya sedang mengalami cedera jari.

"Demi jersey ini saya akan bermain bahkan ketika tanpa jari. Saya harus melakukannya, terima kasih kepada staf medis yang banyak membantu saya, dengan bantuan mereka saya bisa bermain," ujarnya.