Timnas Prancis Miris, dari Juara hingga Terancam Degradasi

Pemain Timnas Prancis, Kylian Mbappe (kanan)
Sumber :
  • AP Photo/Thibault Camus

VIVA – Nasib Timnas Prancis di UEFA Nations League ibarat roller coaster. Dari tim yang keluar sebagai juara, Les Bleus kini malah terpuruk dan terancam degradasi ke Liga B.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Prancis sukses keluar sebagai juara UEFA Nations League 2020/21. Tim besutan Didier Deschamps menekuk Spanyol 2-1 dalam laga final di Giuseppe Meazza, 10 Oktober 2021.

Timnas Prancis juara UEFA Nations League 2020/21

Photo :
  • instagram.com/euro2024
Profil Mahamadou Diawara, Pemain yang Dicoret dari Timnas Prancis Gegara Dilarang Puasa

Berstatus sebagai juara bertahan, Prancis tergabung di Liga A Grup 1. Mereka bersaing dengan Kroasia, Austria, dan Denmark.

Empat laga sudah dilakoni dan Prancis masih nihil kemenangan. Les Bleus takluk 1-2 dari Denmark, lalu ditahan Kroasia 1-1, kembali bermain imbang 1-1 melawan Austria, lalu kalah 0-1 dari Kroasia.

Comeback Mengerikan Toni Kroos di Timnas Jerman

Hasil ini membuat Prancis terbenam di dasar klasemen Grup A. Kylian Mbappe dan kawan-kawan mengumpulkan dua poin dari empat pertandingan.

Prancis sudah dipastikan gagal mempertahankan gelar. Menyisakan dua laga, Les Bleus sudah tertinggal tujuh angka dari Denmark yang ada di puncak klasemen. Hanya tim yang berada di puncak klasemen yang lolos ke putaran final.

Terancam Degradasi

Tak hanya gagal mempertahankan gelar, bayang-bayang degradasi ke Liga B pun mulai menghantui Prancis. Apalagi, mereka kini terdampar di dasar klasemen.

Prancis harus memaksimalkan dua laga sisa untuk bisa bertahan di Liga A. Dua laga tersebut akan digelar pada September 2022 mendatang.

Prancis akan menjamu Austria pada 22 September 2022 di Stade de France. Tiga hari kemudian mereka melawat ke Parken Stadium melawan Denmark.

Jika ingin aman, Prancis harus memenangkan dua pertandingan tersebut. Setidaknya Prancis harus mengejar perolehan poin Austria (4 poin) untuk bertahan di Liga A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya