BDS Ajak Indonesia Tolak Timnas Israel, Ini Alasannya

Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20
Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20
Sumber :
  • football.org.il

VIVA Bola – Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ‘siapa itu BDS’. Boycott, Divestment and Sanctions atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) adalah gerakan global yang sudah ada sejak 2005. 

Mengutip laman bdsmovement.net, gerakan BDS memiliki tujuan menyudahi kolonisasi Israel di Palestina dan meruntuhkan dinding pembatas yang dibangun Israel.

Tidak hanya itu, BDS juga meminta Israel mengakui hak-hak asasi warga negara Arab-Palestina dengan kesetaraan penuh, melindungi, dan mengangkat hak pengungsi Palestina untuk pulang ke rumah dan tempat tinggalnya sesuai Resolusi PBB 194.

Nah gerakan global ini juga berada di Indonesia, lebih lengkap cek di sini.

Menyikapi lolosnya Timnas Israel pada pagelaran Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia, berbagai respon berdatangan dari seluruh lapisan masyarakat, salah satunya dari BDS Indonesia.

Melalui akun Twitternya BDS Indonesia menyampaikan alasan Indonesia harus menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan tahun 2023, berikut yang disampaikan:

1. BDS Mengatakan, Asosiasi Sepakbola Israel sebagai pengelola Timnas Israel secara aktif melibatkan klub-klub sepakbola dari pemukiman-pemukiman ilegal Israel di Tepi Barat, antara lain dari Ariel, Giv'at Ze'ev, Ma'ale Adumim, Oranit, dan Tomer.