Ketika Timnas Indonesia 'Bantu' Wales Lolos ke Piala Dunia

Pemain Timnas Wales rayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

VIVA Bola – Timnas Wales harus menunggu selama 64 tahun untuk kembali tampil di Piala Dunia. Setelah tampil pada 1958, The Dragons melenggang ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Yang menarik, ada peran Timnas Indonesia di balik lolosnya Wales ke Piala Dunia 1958. Sebab, sejatinya Wales gagal lolos ke turnamen yang saat itu digelar di Swedia.

Wales hanya mampu finis di posisi kedua di Grup 4 zona UEFA, di bawah Cekoslovakia. Namun, sikap politis yang dilakukan Indonesia dan negara-negara Timur Tengah membuat Wales ketiban durian runtuh.

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Ramai-rama Tolak Israel
Di zona Asia-Afrika sejumlah negara menolak bertanding melawan Timnas Israel. Israel lolos tanpa bertanding di putaran pertama, usai Turki mundur karena menolak bertanding di grup Asia.

Timnas Israel di EURO U-19 2022 melawan Inggris

Photo :
  • football.org.il
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Indonesia akhirnya menolak untuk melawan Israel karena alasan politis atas instruksi Presiden Soekarno. Skuad Merah Putih sempat meminta bertanding di tempat netral namun ditolak FIFA.

Mesir yang berada di grup yang sama juga memutuskan mundur. Tinggal tersisa Israel dan Sudan di babak final kualifikasi.

Belakangan, Sudan juga memilih mundur karena gerakan boikot negara Arab terhadap Israel. Dengan catatan ini, seharusnya Israel lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 1958 di Swedia.

Namun, dilansir The Guardian, FIFA tak menghendaki ada tim yang lolos langsung ke putaran final Piala Dunia, tanpa melakoni satu pun laga di kualifikasi. FIFA pun mengadakan duel playoff spesial antara Israel melawan salah satu runner up dari grup UEFA.

Wales Dapat Kesempatan Kedua
UEFA melakukan pengundian terhadap 9 runner up grup UEFA yakni Republik Irlandia, Belgia, Bulgaria, Wales, Belanda, Polandia, Rumania, Italia dan Spanyol.

Awalnya, Belgia yang keluar dalam undian, namun mereka menolak. Undian ulang dilakukan dan Wales menjadi lawan Israel dalam playoff spesial.

Wales sukses menekuk Israel dalam dua pertemuan. Mereka menang 2-0 di Ramat Gan Stadium. Lalu, menang dengan skor sama saat tampil di Ninian Park, Cardiff. 

Akhirnya, Wales merasakan debutnya di Piala Dunia 1958 sedangkan Israel harus gigit jari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya