J League dan Sejarah Wakil Asia di Piala Dunia 2022

Adam Taggart bermain untuk Cerezo Osaka
Adam Taggart bermain untuk Cerezo Osaka
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asia akan memiliki enam wakil di Piala Dunia 2022. Menariknya, catatan ini ada kaitannya dengan kompetisi sepakbola Jepang, J League.

Timnas Australia sebagai wakil keenam Asia di Piala Dunia 2022. Mereka mendapatkan tiket tersebut setelah menang adu penalti atas Peru dalam laga play-off.

Timnas Australia menyusul lima tim Asia lainnya yang sudah pasti lolos. Yang pertama adalah tuan rumah Qatar. Kemudian disusul oleh Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Lalu apa kaitan J League dengan Australia? Ada dua pemain mereka yang berkarier di Negeri Sakura. Mereka adalah Adam Taggart dari Cerezo Osaka dan penggawa Fagiano Okayama, Mitchell Duke.

Duke diturunkan oleh pelatih Graham Arnold dalam pertandingan melawan Peru selama 69 menit. Mengisi posisi ujung tombak, beberapa kali dia merepotkan lawan.

Lalu ada Taggart yang juga masuk dalam skuad. Meski tidak dimainkan saat melawan Peru, namun sepanjang babak kualifikasi dia tampil sebanyak delapan kali dan menyumbang tiga gol.

Mitchell Langerak, kiper Nagoya Grampus

Mitchell Langerak, kiper Nagoya Grampus

Photo :
  • Dok. J League