5 Stadion Terbaik Piala Dunia 2022 Qatar

Desain stadion Piala Dunia Qatar 2022
Sumber :
  • http://www.qatar.to

VIVA Bola - Sejak Piala Dunia Korea Selatan dan Jepang pada 2002, Qatar merupakan negara kedua yang akan menyelenggarakan pesta sepakbola yang digelar empat tahun sekali itu. Pemerintah Qatar telah menghabiskan dana miliaran dolar untuk menjadi tuan rumah Piala  Dunia 2022, dari mulai membangun stadion yang megah sampai infrastruktur publik.

Laga Hidup dan Mati, Ini 5 Fakta Jelang Duel Yordania vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Piala Dunia 2022 Qatar akan diselenggarakan dalam beberapa bulan ke depan. Dalam turnamen Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar akan memberikan pengalaman terbaik bagi para penggemar sepakbola maupun para pemain dengan menghadirkan beberapa fasilitas stadion yang sangat megah.

Gelaran Piala Dunia 2022 kali ini akan sedikit berbeda, biasanya Piala Dunia diselenggarakan pada bulan Juni-Juli. Namun pada gelaran kali ini akan diselenggarakan pada bulan November-Desember. Pasalnya pada bulan Juni-Juli di Qatar sedang musim panas, sehingga akan mengganggu para pemain, apalagi bagi para pemain yang bermain di klub Eropa.

Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Berikut beberapa Stadion Terbaik Piala Dunia 2022 Qatar seperti dilansir dari Interesting Football, seperti sebagai berikut:

1. Stadion Lusail Iconic

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Stadion Lusail Iconic atau Stadion Internasional Lusail yang terletak di Lusail, merupakan stadion sepak bola terbesar di Qatar dan memiliki kapasitas 80.000 penonton.

Stadion Lusail Iconic akan menjadi tuan rumah final dan beberapa pertandingan paling penting di Piala Dunia 2022 Qatar. Dibangun pada April 2021 dan resmi dibuka pada 22 November 2021.

Di dalam Stadion Lusail Iconic akan dipasang alat pendingin dengan menggunakan tenaga surya. Hal ini untuk mengurangi tingkat panas karena kondisi cuaca di wilayah tersebut.

2. Stadion Al Bayt

Al-Bayt merupakan salah satu stadion sepak bola yang unik di Al Khor, Qatar. Stadion Al-Bayt telah dipilih untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Stadion Al Bayt merupakan stadion sepak bola terbesar kedua di Qatar, dengan kapasitas tempat duduk 60.000 orang. Namun, pada Desember 2021 tercatat 63.439 penonton saat Timnas Qatar menghadapi Uni Emirat Arab.

Di atas Stadion Bayt terdapat atap yang bisa dibuka yang menghubungkan empat tribun untuk menutupi stadion. Al Khor pada umumnya dikenal sebagai Al Thakhira merupakan sebuah kota di Negara Bagian Qatar.

3. Stadion Internasional Khalifa

Internasional Stadion Khalifa merupakan stadion serbaguna yang merupakan bagian dari kompleks Kota Olahraga Doha dan juga mencakup Akademi Aspire, Pusat Akuatik Hamad, dan Menara Aspire.

Stadion Internasional Khalifa adalah salah satu stadion terbaik di Qatar, memiliki kapasitas tempat duduk 45.416. Stadion ini juga pernah menjadi beberapa kegiatan olahraga seperti pembukaan Asian Games 2006 dan Piala AFC 2011. Selain itu juga Stadion Internasional Khalifa juga terpilih sebagai tempat gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

4. Stadion Education City

Stadion Education City merupakan stadion sepak bola dan terbesar ketiga, dengan kapasitas tempat duduk 45.350. Kenapa dinamakan Stadion Education City, karena lokasinya yang dibangun di tengah beberapa Universitas di Al Rayyan, Qatar.

Selain terdapat Stadion, di Al Rayyan juga merupakan objek wisata dengan ribuan pengunjung setiap tahun mengunjungi fasilitas stadion. Al-Rayyan merupakan pusat populasi terbesar di Qatar di luar Doha, pusat kekuasaan negara itu.

5. Stadion Ahmed Bin Ali

Stadion Ahmed Bin Ali merupakan stadion serbaguna, Stadion ini juga menjadi markas klub Al-Kharitiyath. Stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 40.740 penonton. Selain itu Stadion tersebut menjadi terbesar keempat di Qatar. Stadion ini terpilih menjadi tempat perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya