FIFA Cabut Skorsing Federasi Sepakbola Pakistan

Undian Piala Arab FIFA 2021.
Sumber :
  • FIFA.com

VIVA Bola –  Sepak Bola Nasional Pakistan sekarang sudah diizinkan kembali untuk bersaing secara internasional setelah terkena skorsing selama 15 bulan oleh FIFA.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

FIFA telah mencabut penangguhan Federasi Sepakbola Pakistan yang diberlakukan karena adanya campur tangan dari pihak ketiga yang tidak semestinya.

Sekelompok pejabat yang dipimpin oleh Ashfaq Hussain Shah, yang dipilih oleh Mahkamah Agung pada 2018 untuk menjalankan Federasi sepakbola Pakistan, tetapi hal tersebut ternyata tidak diakui oleh FIFA.

Dewi Perssik Rayakan Idul Fitri di Pakistan Bersama Rully

Mereka telah mengambil kendali dari komite normalisasi FIFA (NC) yang dipimpin oleh Haroon Malik, dengan Shah mengatakan komite tersebut tidak melakukan pemilihan untuk badan tersebut dalam 18 bulan sejak mengambil alih.

FIFA menangguhkan Federasi Sepakbola Pakistan karena  "pengambilalihan kuasa yang bermusuhan"

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

FIFA mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dipublish oleh akun twitter @FootballPak atau FootballPakistan.com, bahwa sekarang telah ada konfirmasi bahwa komite resmi telah mendapatkan kembali kendali penuh atas tempat federasi sepak bola tersebut dan berada dalam posisi untuk mengelola secara penuh.

“Federasi Sepak Bola Pakistan juga diberitahukan bahwa setiap campur tangan yang tidak semestinya dalam urusan atau tindakannya yang dapat menghambat pemenuhan mandat komite normalisasi dapat menyebabkan Federasi Sepak Bola Pakistan ditangguhkan lagi dan/atau pengenaan sanksi lain yang diatur dalam Statuta FIFA.” FIFA menambahkan kembali dalam pernyataannya tertulisnya.

Karena batas waktu yang dibutuhkan komite normalisasi untuk memenuhi mandatnya, pada tanggal 30 Juni 2022, tetapi itu semua sekarang itu tidak realistis lagi, Biro Dewan FIFA juga telah memutuskan untuk memperpanjang mandat komite tersebut hingga paling lambat 30 Juni 2023.

Pakistan juga sebelumnya pernah terkena skorsing oleh FIFA karena campur tangan pihak ketiga pada tahun 2017.

Shah diangkat sebagai presiden Federasi Sepak Bola Pakistan setelah pemilihan 2018 diadakan atas instruksi Mahkamah Agung negara itu.

FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia menolak untuk mengakui dia sebagai presiden terpilih, memutuskan langkah pengadilan sebagai "campur tangan pihak ketiga" dalam menjalankan badan sepak bola nasional.

Pada tahun 2019, FIFA memasang NC, awalnya diketuai oleh Humza Khan untuk memperkuat struktur sepak bola di Pakistan, dengan tujuan mencapai aturan administrasi yang berfungsi dengan melakukan pemilihan ketua yang transparan.

Setelah pengunduran diri Khan pada Desember 2020, FIFA menunjuk Malik sebagai ketua badan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya