5 Stadion Sepakbola Dengan Kapasitas Penonton Terbanyak di Dunia

Kompleks stadion kebanggaan Barcelona, Camp Nou
Sumber :
  • fc barcelona

VIVA Bola - Mengiliki stadion besar merupakan sebuah keharusan bagi klub sepakbola, apalagi bagi klub-klub yang memiliki nama besar serta penonton yang banyak. Selain itu dengan banyaknya penonton yang hadir ke stadion akan sangat menguntungkan klub dari segi finansial dalam penjualan tiket.

Target Tinggi Thierry Henry Bersama Timnas Prancis di Olimpiade 2024

Maka dari itu setiap klub harus memiliki fasilitas penonton yang memadai demi kenyamanan para suporter ketika menyaksikan pertandingan secara langsung. Namun ada yang perlu diperhatikan selain membuat kenyamakan para penonton dari segi keamanan juga harus diperhatikan oleh sebuah klub.

Seperti Barcelona di Camp Nou, Bayern Munich di Allianz Arena, Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Manchester United di Old Trafford serta masih banyak klub-klub lain yang memiliki stadion yang besar dengan kapasitas penonton paling banyak, sehingga klub-klub tersebut mampu bersaing di liga domestik dan Eropa.

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia

Berikut beberapa stadion sepakbola yang memiliki kapasitas penonton paling banyak di dunia seperti dilansir dari Khelnow sebagai berikut:

1. Stadion Rungrado - Korea Utara

Kata Media Korea Selatan, Shin Tae-yong Penyelamat Sepakbola Indonesia

Stadion Rungrado di Korea Utara menduduki sebagai stadion dengan kapasitas penonton paling banyak di dunia. Stadion tersebut memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 114.000. Stadion Rungrado merupakan stadion serbaguna yang menyelenggarakan acara budaya dan olahraga.

Ini merupakan stadion yang dimiliki Timnas Korea Utara. Pada 25 April 2018. Stadion tersebut pernah menjadi tuan rumah kualifikasi Piala AFC U-23 pada 2018.

2. Stadion Melbourne - Australia

Stadion Melbourne merupakan stadion serbaguna, selain digunakan untuk pertandingan sepakbola, stadion tersebut juga sering digunakan untuk pertandingan Cricket. Stadion Melbourne memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 100.024.

Stadion tersebut pernah digunakan untuk pertandingan persahabatan antara Australia dengan Argentina serta kualifikasi Piala Dunia saat Australia menghadapi Timnas Jepang.

Stadion tersebut pernah digunakan dalam pertandingan pramusim Real Madrid dan Manchester City dalam ajang International Champions cup pada 2015. dalam pertandingan tersebut sangat menarik para penonton yang hadir ke stadion hampir 100 ribu lebih.

3. Camp Nou - Spanyol

Markas kebanggaan FC Barcelona, Camp Nou

Photo :
  • instagram.com/milius_jogo/

Stadion Camp Nou merupakan stadion terbesar di Eropa dan markas dari klub tersukses di dunia yaitu Barcelona. Di stadion tersebutlah banyak bintang-bintang sepakbola lahir seperti Lionel Messi dan Ronaldinho. Stadion ini pertama kali dibangun pada 1957 dan memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 99.354.

Selain menjadi markas kebanggan Barcelona. Stadion Camp Nou pernah menjadi tempat laga final sepak bola Eropa yaitu Liga Champions, yang mempertemukan Bayern Munich dan Manchester United. Dalam laga final tersebut Manchester United meraih juara Liga Champions untuk yang kedua kalinya.

Selain menjadi tempat final Liga Champions, Stadion tersebut pernah menjadi tempat pertandingan Piala Dunia pada 1982 yang mempertemukan Polandia dan Italia di babak semifinal.

4. Stadion FNB - Afrika Selatan

Pembukaan Piala Dunia 2010

Photo :

Stadion Soccer City atau dikenal dengan Stadion FNB merupakan stadion yang berada di Afrika Selatan dan memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 94.736. Stadion ini juga merupakan markas dari salah satu klub yang ada di Afrika Selatan yaitu Kaizer Chiefs.

FIFA telah menunjuk Stadion FNB sebagai stadion pertandingan final Piala Dunia 2010 yang mempertemukan antara Belanda dan Spanyol yang pada akhirnya dimenangkan oleh Sergio Ramos dan kawan-kawan. Selain dipakai dalam pertandingan final, stadion tersebut juga digunakan untuk pertandingan perempat final Piala Dunia 2010.

5. Stadion Rose Bowl - Amerika Serikat

Stadion Rose Bowl yang terletak di Pasadena, California. Stadion tersebut memiliki kapasitas tempat duduk 92.542. Stadion tersebut merupakan markas Timnas Amerika Serikat. Stadion Rose Bowl pertama kali dibuka pada Oktober 1922.

Stadion Rose Bowl pernah menjadi tempat pertandingan Piala Dunia 1994 bagi tim putra, Piala Dunia 1999 bagi tim putri dan pertandingan Olimpiade pada 1984. Stadion tersebut menjadikannya satu-satunya stadion yang menjadikan tuan rumah di tiga pertandingan sepakbola yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya