Mengejutkan, Timnas Laos ke Final Piala AFF U-19 Usai Hajar Thailand

Timnas Laos U-19 usai cetak gol
Sumber :
  • Instagram/@lff_official

VIVA Bola – Timnas Laos U-19 membuat kejutan dengan melaju ke laga final Piala AFF U-19 2022 usai menumbangkan tim kuat Timnas Thailand. Dalam laga semifinal yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu 13 Juli 2022, Laos menang 2-0.

Ranking FIFA April 2024, Timnas Indonesia Paling Meroket

Thailand sebenarnya bermain cukup dominan di laga ini. Mereka mendapat peluang di menit kelima lewat sepakan Phanthamit Praphanth. Tapi, kiper Laos, Phounix Xayyasone, masih bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Di luar dugaan, Laos berhasil mencuri keunggulan di menit ketujuh. Tembakan yang dilakukan Peeter Phanthavong gagal dibendung kiper Thailand, Narongsak Naengwongsa.

Tragis, Nasib Thailand sama dengan Vietnam yang Dibantai Timnas Indonesia

Menit 16, Thailand hampir saja menyamakan kedudukan akibat kesalahan dari pemain bertahan Laos. Tapi, Thanawut Phochai tak bisa memaksimalkan peluang itu menjadi gol.

Di sisa babak pertama, Thailand masih belum menemukan cara menembus rapatnya pertahanan Laos. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Terpopuler: Timnas Indonesia Diadang Thailand-Vietnam, Eks Bintang Inter Milan Tersandung Narkoba

Memulai babak kedua, Thailand meningkatkan agresivitas serangan. Mereka menekan pertahanan Laos tanpa henti.

Tapi, usaha tersebut tak kunjung berbuah hasil. Justru, gawang tim Gajah Perang kembali bobol di menit 85.

Thailand yang asyik menyerang kecolongan dari serangan balik Laos. Damoth Thongkhamsavant dengan cerdik memanfaatkan momen itu untuk menggandakan keunggulan timnya.

Skor 2-0 bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Laos untuk pertama kalinya menembus final Piala AFF U-19 dan akan menghadapi Malaysia.

Susunan Pemain

Laos: Phounix Xayyasone (PG); Phoutthavong Sangvilay, Anataza Siphongphan, Chanthavixay Khounthoumphone, Khosesavanh Keonuchanh, Sayfon Keohanam, Phonsack Seesavant, Peeter Phanthavong, Damoth Thongkhamsavant, Saleunxay Phommavong, Vongsakda Chanthaleuxay.

Thailand: Narongsak Naengwongsa (PG); Thawachai Inprakhon, Theekawin Chansri, Chanapach Buaphan, Sittha Boonlha, Kakana Khamyok, Seksa Ratree, Bukkorre Lemdee, Thanawut Phochai, Phanthamit Praphanth, Nattakit Busting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya