5 Trofi Sepakbola Termahal di Dunia

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • FIFA

VIVA Bola - Trofi Sepakbola termahal di dunia. Meraih kemenangan dalam setiap pertandingan dan memenangkan trofi merupakan tujuan para pemain. Olahraga satu ini telah menjadi paling populer di dunia. Namun apa yang harus diketahui oleh para pecinta sepakbola mengenai harga pembuat trofi dari mulai bahan yang digunakan sampai dana yang harus dikeluarkan.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Para pemain pastinya ingin membawa trofi di akhir pertandingan kompetisi, baik Piala Dunia atau liga-liga domestik yang ada di seluruh dunia.  Kompetisi liga-liga Eropa atau kompetisi antar negara pastinya akan ada banyak pengeluaran uang yang cukup besar. Jadi sudah hal yang biasa jika pembuatan trofi memiliki harga uang cukup tinggi, baik trofi penghargaan buat pemain atau trofi untuk klub maupun negara.

Berikut harga trofi yang dibuat dengan harga yang cukup mahal, seperti dikutip dari Sportskeeda, sebagai berikut:

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

1. Trofi Serie A - 55 Ribu Euro atau Rp842 juta

Bomber AC Milan, Rafael Leao, memegang trofi juara Serie A

Photo :
  • Twitter/@RafaeLeao7

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Trofi Serie A akan diberikan kepada tim yang mampu menjuarai Scudetto dipenghujung liga berakhir. Trofi tersebut sudah digunakan oleh panitia Serie A sejak 1960, piala tersebut juga sering disebut 'Coppa Campioni d'Italia' yang dibuat dengan harga 55 ribu euro atau setara dengan Rp842 miliar.

Namun hingga 2004, Piala tersebut tidak pernah diserahkan lagi ke klub yang menjuarai Serie A. Namun klub akan diberikan kesempatan untuk memegang piala tersebut sampai perayaan juara berakhir, seperti mengangkat piala sambil mengelilingi lapangan.

Meskipun Premier League merupakan kompetisi terkaya di dunia. Namun untuk masalah pembuat Piala Serie A yang paling mahal.

2.  Trofi Piala Afrika - 127 Ribu Euro atau Rp1,9 Miliar

Bomber Senegal, Sadio Mane dengan trofi Piala Afrika 2021.

Photo :
  • AFP/CHARLY TRIBALLEAU

Manajer Liverpool,  Jurgen Klopp pernah menyinggung kompetisi Piala Afrika yang menyebutkan gelaran tersebut merupakan kompetisi kecil. Bukan tanpa sebab, pasalnya pada waktu itu para pemain Liverpool banyak yang dari Afrika. Lalu kompetisi Piala Afrika selalu bentrok dengan Liga-liga di Eropa yang mengharuskan pemain tidak bisa memperkuat klub.

Gelaran Piala Afrika merupakan sesuatu yang penting bagi negara-negara yang berada di benua Afrika. Harga pembuat trofi Piala Afrika sebesar 127 ribu atau setara dengan Rp1,9 miliar.

3. Trofi Ballon d'Or - 505 Ribu Euro atau Rp7,7 Miliar

rekor Lionel Messi yang tidak mungkin dipecahkan Cristiano Ronaldo

Photo :
  • Diario Sport

Ballon d'Or merupakan trofi individu untuk pemain terbaik dunia. Dalam penerima pemain terbaik, Lionel Messi telah mengumpulkan tujuh trofi. Sementara Cristiano Ronaldo sudah mengumpulkan lima trofi pemain terbaik dunia.

Harga pembuat trofi tersebut mencapai 505 ribu euro atau setara dengan Rp7,7 miliar. Trofi tersebut akan diberikan kepada pemain terbaik dan pilih voting oleh mantan pemain, pelatih,  hingga jurnalis.

4. Trofi Piala FA - 1 Juta Euro atau Rp15 Miliar

Trofi Piala FA

Photo :
  • worcesternews

Trofi Piala FA merupakan kompetisi kedua setelah Premier League yang menggunakan sistem gugur.  Meskipun ukurannya kecil. Namun trofi Piala FA termasuk kedua paling mahal yang memiliki desain seperti cangkir.

Trofi Piala FA yang sekarang merupakan replika yang dibuat pada 2014 yang terbuat dari 6,3 kilo gram perak murni. Trofi tersebut telah dibuat oleh Thomas Lyte dan membutuhkan waktu selama 250 jam untuk membuat trofi luar biasa tersebut.

Arsenal menjadi tim yang terbanyak yang meraih trofi tersebut dengan mengumpulkan 14. Semenatar Manchester United ada diperingkat kedua dengan mengumpulkan 12 trofi Piala FA.

5. Trofi Piala Dunia - 17 Juta Euro atau Rp260

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • belta.by

Diantara penghargaan lainya, Trofi Piala dunia paling mahal yaitu dibuat dengan dana sekitar 17 juta euro atau setara dengan Rp260 miliar. Maka sudah sepantasnya jika trofi Piala Dunia menjadi paling mahal di dunia. Pasalnya kompetisi tersebut melibatkan negara di seluruh dunia.

Dalam trofi Piala Dunia terdapat emas 18 karat dan ada pita terbuat dari Malachite di dasar pialanya. Trofi Piala Dunia memiliki berat 6,1 kilo gram. Trofi tersebut sangat megah dan ada dua tubuh manusia sedang memegang bola dunia.

Pagelaran Piala Dunia akan segera dimulai, Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Hanya ada satu negara yang berhasil meraih trofi Piala Dunia terbanyak yaitu Brasil sebanyak lima kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya