Vietnam Keluhkan Kualitas Stadion Sultan Agung, PSSI: Ngeluh Mulu

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • VIVA/Caho Edi

VIVA Bola – Piala AFF U-16 2022 digelar di dua stadion di DI Yogyakarta, yaitu Stadion Maguwoharjo Sleman dan Stadion Sultan Agung Bantul. Terkait penyelenggaraan Piala AFF U-16 ini, Timnas Vietnam mengeluhkan kualitas lapangan di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Keluhan ini disampaikan Timnas Vietnam U-16 usai bertanding melawan Singapura pada Minggu 31 Juli 2022. Meskipun mengeluh kualitas lapangan namun Vietnam mampu tampil trengginas dengan menekuk Singapura 5-1.

Dalam keterangan resminya di website resmi federasi sepakbola Vietnam, VFF mengatakan jika pelatih Nguyen Quoc sebelum pertandingan mengutus dua asistennya untuk mengecek kualitas lapangan.

"Dari evaluasi asisten, permukaan (lapangan) Sultan Agung tidak rata. Rumput tumbuh menjadi tiga hingga empat jenis yang berbeda ketinggiannya (tidak rata)," ujar Nguyen Quoc dalam website resmi VFF.

Kualitas rumput yang tidak merata ini diklaim memengaruhi pergerakan dan lari para pemain Vietnam U-16. Bahkan Nguyen menilai kualitas lapangan Stadion Sultan Agung tidak setara dengan kualitas tempat Vietnam U-16 berlatih yaitu di Lapangan YIS, Sleman.

Menanggapi keluhan dari Timnas Vietnam U-16 ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule pun angkat bicara. Iwan Bule meminta agar Vietnam U-16 bersikap biasa saja.

"Ah, Vietnam keluhan melulu. Ya sudahlah biasa saja," ucap Iwan Bule di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu 31 Juli 2022.

Iwan Bule membandingkan saat Timnas Indonesia berlaga di Vietnam saat SEA Games 2021 juga mendapatkan kualitas lapangan yang tidak bagus. Namun, Timnas Indonesia saat itu tidak mengeluh dan tetap enjoy bertanding.

"Kita juga di sana (Vietnam) juga diterima biasa saja (kualitas lapangan tidak layak). Udah, enjoy saja. Bertanding saja," tutur Iwan Bule.