Kontroversi Timnas Israel, Iwan Bule: Ini Olahraga Bukan Politik

Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20
Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20
Sumber :
  • football.org.il

VIVA Bola – Keberhasilan Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 2023 menyisakan kontroversi. Apalagi, Piala Dunia U-20 akan digelar di Indonesia.

Yang jadi masalah, Israel tak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Sejumlah masyarakat pun mengungkapkan penolakan terhadap Israel yang terus berkonflik dengan Palestina.

Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan kedatangan kontingen Israel akan dijamin keamanannya. Karena itu adalah tugas Indonesia sebagai tuan rumah.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sejalan dengan Menpora. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mempersilakan Israel datang ke Indonesia.

"Sudah diputuskan rapat terbatas, kalo Israel lolos ini olahraga. Kalau pemerintah sudah mengiyakan kita ikut, beda kalau pemerintah menolak. Ini olahraga bukan politik. Saya pikir kita harus terima kehadiran Israel," kata Iwan Bule dalam acara The Interview VIVA.co.id.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

PSSI tak akan memberikan pengamanan khusus untuk mengantisipasi penolakan terhadap Israel. PSSI hanya akan memberikan edukasi.