7 Negara yang Kena Sanksi Larangan Ikut Piala Dunia, Ada Myanmar

Trofi Piala Dunia
Sumber :
  • Marca

VIVA Bola – Timnas Ekuador terancam kena larangan tampil di Piala Dunia 2022. Saat ini mereka sedang dalam investigasi FIFA terkait penggunakan dokumen identitas palsu pemainnya, Byron Castillo.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Permasalah ini diawali oleh protes Timnas Chile kepada FIFA. Mereka menganggap Federasi Sepakbola Ekuador sengaja menutup-nutupi identitas palsu milik Castillo.

Castillo juga dituding masuk ke Ekuador dari negara asalnya, Kolombia secara ilegal. Lantas dari sana terjadi proses pembuatan identitas palsu.

Media AS Sorot Kemenangan Timnas Indonesia Atas Vietnam: Patut Mendapat Pujian

Ramainya bahasan ini menjadi menarik. Karena Ekuador akan menambah daftar negara yang pernah kena larangan tampil di Piala Dunia.

Bek Ekuador, Byron Castillo tersangkut masalah dokumen palsu

Photo :
  • AP Photo/Lynne Sladky
2 Pemain Timnas Indonesia Ini Pernah Hancurkan Skuad Erik Ten Hag

Berikut kami sajikan 7 negara yang pernah kena larangan tampil di Piala Dunia:

1. Jerman

Timnas Jerman dilarang tampil di PIala Dunia 1950 Brasil. Alasannya negara mereka terlibat dalam perang dunia kedua. Piala Dunia ini diselenggarakan setelah dua edisi sebelumnya ditiadakan akibat perang dunia kedua berlangsung.

2. Jepang

Timnas Jepang menemani Jerman dalam menjalani larangan tampil di Piala Dunia 1950 Brasil. Karena negara juga terlibat dalam perang yang sama.

Pada edisi ini, yang keluar sebagai juara adalah Uruguay setelah mengalahkan Brasil dengan skor 2-1 dalam pertandingan final.

3. Afrika Selatan

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • Verdict

Timnas Afrika Selatan menjadi salah satu tim paling lama mendapatkan sanksi larangan tampil di Piala Dunia 2022. Dimulai sejak hukuman FIFA pada 1963 karena adanya politik Apartheid di sana.

Presiden FIFA, Stanley Rous sempat bernegosiasi dengan Federasi Sepakbola Afrika Selatan terkait hal ini. Namun proposal yang diajukan membuat FIFA semakin marah.

Karena mereka menawarkan untuk mengirim tim nasional kulit putih pada 1966 dan kulit hitam pada 1970. Karena tak kunjung berubah, pada 1976 FIFA mengeluarkan mereka dari keanggotaan.

4. Meksiko

Timnas Meksiko mendapat hukuman dua tahun tidak boleh bertanding dalam laga di bawah FIFA. Ini akibat dari tindakan mereka menurunkan empat pemain yang berada di atas batas usia saat tampil di kualifikasi tingkat junior.

Akibatnya Meksiko tidak bisa turut serta dalam Piala Dunia 1990 Italia. Yang menajdi juara dalam ajang tersebut adalah Jerman Barat setelah mengalahkan Argentina di final.

5. Chile

Timnas Chile juga pernah merasakan larangan tampil di Piala Dunia 1994. Mereka mendapat hukuman karena penjaga gawang Roberto Rojak berpura-pura terluka karena suar dari suporter saat melawan Timnas Brasil pada 1989.

Setelah melakukan investigasi, rupanya Rojas menggunakan pisau yang dia sembunyikan di sarung tangan untuk melukai diri sendiri. Timnas Chile mendapat sanksi larangan tampil di Piala Dunia 1994, Rojas dihukum seumur hidup.

6. Myanmar

Timnas Myanmar dilarang tampil pada Piala Dunia 2006. Alasannya mereka menolak bertanding melawan Timnas Iran pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Karena sikap tersebut, kemudian FIFA memtuskan menjatuhkan sanksi. Mereka sudah tidak boleh ikut kualifikasi pada Piala Dunia 2006.

7. Rusia

Trofi Piala Dunia

Photo :
  • FIFA

Timnas Rusia sudah dipastikan tidak bisa tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka mendapat sanksi dari FIFA karena negara melakukan invasi ke Ukraina.

Sejatinya Rusia sudah masuk ke babak play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022 untuk menghadapi Polandia. Tapi kemudian FIFA menyatakan mereka tersingkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya