Menteri Jerman Minta UEFA Coret 2 Negara Ini di EURO 2024

Trofi Piala Eropa.
Sumber :

VIVA Bola – Seorang menteri Jerman telah menulis surat kepada UEFA meminta untuk mencoret dua negara dari kualifikasi EURO 2024 mendatang.

Soroti Sidang Sengketa Pilpres, Refly: Kita Dibohongi 4 Menteri, Seolah-olah Everything Is Ok

UEFA dan FIFA mengeluarkan pernyataan bersama untuk mengonfirmasi Rusia dan Belarusia dilarang berkompetisi sampai pemberitahuan lebih lanjut setelah invasi mereka ke Ukraina. UEFA kemudian mengonfirmasi pada bulan Mei bahwa klub-klub RUsia juga akan dicoret dari kompetisi kontinental untuk musim 2022/23, dengan Timnas Rusia juga dikeluarkan dari Piala Eropa Wanita musim panas.

Terlepas dari sikap yang jelas dari kedua organisasi tersebut, tidak ada yang menyebutkan tentang EURO di Jerman pada 2024 mendatang. Karena kurangnya kejelasan, Menteri Federasi Dalam Negeri dan Komunitas Jerman, Nancy Faeser, menulis langsung surat kepada presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Logo Federasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA)

Photo :
  • Telegraph

Surat itu meminta UEFA untuk mencoret Rusia dan Belarusia dari undian kualifikasi mendatang yang akan berlangsung pada 9 Oktober 2022. UEFA belum mengomentari masalah ini, tapi telah mengonfirmasi bahwa badan sepakbola tertinggi Eropa itu sudah menerima surat dari menteri Faeser.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Menurut laporan media Jerman, Der Spiegel, surat itu mengatakan: "Tidak hanya Rusia yang mengobarkan perang agresi yang melanggar hukum internasional, tetapi juga Belarusia sebagai pendukung penting kepemimpinan Rusia harus dikeluarkan dari semua pertandingan sepakbola internasional dan juga turnamen."

Faeser juga mendesak, agar UEFA dan badan olahraga internasional lainnya bertindak tegas dengan menangguhkan pejabat di organisasi mereka yang berasal dari Rusia dan Belarusia.

Ilustrasi bendera Rusia.

Photo :
  • ANTARA FOTO

"Penangguhan pejabat Rusia dan Belarusia dari badan-badan berpengaruh di federasi olahraga internasional. Karena, olahraga harus menjalankan peran yang bertanggung jawab dan menunjukkan sikap bersatu melawan bentuk pengabaian hak asasi manusia ini."

"Semua yang bertanggung jawab harus dihalangi dari segala kemungkinan partisipasi olahraga, pengaruh atau perwakilan lainnya."

Surat ini datang setelah permintaan presiden asosiasi sepakbola Ukraina, Andriy Pavelko, yang meminta supaya Rusia dan Belarusia dicoret dari EURO 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya