Guardiola Optimis Kalvin Phillips akan Ikut Piala Dunia 2022

Gelandang Manchester City, Kalvin Phillips
Sumber :
  • Twitter/@Kalvinphillips

VIVA Bola – Gelandang Manchester City Kalvin Phillips akan menjalani operasi bahu imbas dari cedera yang menimpanya. Kendati demikian, ia terancam tidak ikut serta memperkuat Timnas Inggris dalam kompetisi Piala Dunia 2022 pada bulan November mendatang.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Namun pelatih Manchester City Pep Guardiola punya opini lain. Menurutnya, Phillips masih bisa berlaga di Piala Dunia tahun ini meskipun ia harus melewati laga UEFA Nations League melawan Italia dan Jerman. 

Nama Phillips tidak ada dalam skuad Manchester City ketika memenangkan pertandingan melawan Wolves pada 17 September. Namun pemain berusia 26 tahun ini sempat tampil sebagai pemain pengganti ketika melawan Borussia Dortmund di Liga Champions pekan lalu. 

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Phillips hanya punya waktu sekitar sembilan minggu untuk fit supaya ia bisa ikut membela laga pertama Inggris melawan Iran di Piala Dunia pada 21 November. 

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

“Dia memiliki masalah dengan bahu lagi dan mungkin perlu operasi di hari-hari berikutnya. Saya bukan seorang dokter tapi dengan cara yang baik, tentu dia bisa saja datang ke Piala Dunia,” kata Guardiola seperti yang dikutip dari Mirror.

Operasi merupakan satu-satunya jalan agar cedera yang diidap Phillips sembuh total.

Gelandang Timnas Inggris, Kalvin Phillips

Photo :
  • twitter.com/Kalvinphillips

“Dokter mengatakan satu-satunya solusi saat ini adalah melakukan apa yang harus kita lakukan. Setiap kali dia tidak bisa main (karena cedera bahu) dan dokter mengatakan jika tiga atau empat kali tidak main maka satu-satunya solusi yaitu menjalani operasi,” tambah pelatih asal Spanyol itu.

Sejak pindah dari Leeds pada musim panas ini, Phillips hanya membuat tiga penampilan dan semuanya dari bangku cadangan, dengan total bermain 14 menit. 

Phillips telah menjadi pemain kunci untuk Timnas Inggris asuhan Gareth Southfare, yang menjadi bintang dalam perjalanan mereka ke final Piala Eropa 2020. Tapi Phillips malah masuk ke deretan nama skuad untuk UEFA Nations League terlepas dari cedera bahunya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya