PSG Gulir Wacana Gelar Liga Champions di Luar Eropa

Presiden Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al-Khelaifi
Sumber :
  • Eurosport

VIVA Bola – Eksekutif sepakbola Eropa dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menggelar pertandingan Liga Champions di Amerika Serikat, China, atau Jazirah Arab, untuk memperluas kompetisi ke audiens global.

Suporter Bayern Munich Dilarang ke Markas Arsenal

Komite eksekutif UEFA mengadakan pertemuan di Kroasia, pada pekan ini. Pertemuan itu dilakukan sbeelum Asosiasi Klub Eropa (ECA) menggelar sidang umum di Istanbul, Turki.

Menurut The Athletic, salah satu topik yang akan dibahas adalah kemungkinan membawa Liga Champions main di luar Eropa.

Jadwal Babak Perempat Final Liga Champions: Manchester City ketemu Real Madrid

Bayern Munich vs Barcelona di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Andreas Schaad

Presiden Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al-Khelaifi adalah salah satu tokoh berpengaruh yang mendukung gagasan memindahkan pertandingan ke pasar utama lainnya.

Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions Hadirkan 3 Duel Seru

Al-Khelaifi merupakan ketua ECA sekaligus anggota komite eksekutif UEFA.

Idenya memang belum dieksplorasi secara rinci, tetapi konsep awalnya adalah memindahkan pertandingan grup ke luar negeri daripada mengambil pertandingan sistem gugur yang terlalu berisiko.

Piala Super juga dapat dipindahkan ke luar benua Eropa, dan UEFA sedang mempertimbangkan untuk memperluas kompetisi menjadi empat tim, daripada hanya sekali pertandingan hingga adu penalti antara juara Liga Champions melawan kampiun Liga Europa.

Ini adalah konsep yang telah dilakukan beberapa badan liga Eropa.

Piala Super Italia pertama diadakan di luar negeri pada tahun 1993, ketika AC Milan menghadapi Torino di Washington, dan sejak itu telah dimainkan sekali lagi di Amerika Serikat, empat kali di China, dan dua kali di Qatar.

Real Madrid menjuarai Piala Super Spanyol 2019

Photo :
  • Twitter/@realmadrid

Gelaran musim ini antara pemenang Serie A, AC Milan melawan peraih Coppa Italia, Inter Milan, akan diadakan di Arab Saudi untuk ketiga kalinya dalam lima tahun terakhir.

Piala Super Spanyol diperluas menjadi format empat tim pada 2019 dan juga dipindahkan ke Arab Saudi dua kali dalam tiga tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya