Alasan Timnas Rusia Dicoret dari EURO 2024

Timnas Rusia
Sumber :
  • AFP PHOTO/ Kirill KUDRYAVTSEV

VIVA Bola – Sanksi terhadap Timnas Rusia belum berhenti. Kali ini mereka dilarang mengikuti Kualifikasi Piala Eropa 2024. Hal itu dipastikan setelah federasi sepak bola Eropa atau UEFA menyatakan pernyataan resmi pada Selasa, 20 Sepetember 2022 bahwa Rusia tidak akan mengambil bagian dalam kualifikasi Piala Eropa 2024.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Saat ini Timnas Rusia dan klub-klub Rusia dilarang mengikuti kompetisi internasional sejak awal tahun 2022. Hal itu dilakukan UEFA menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Federasi sepak bola Rusia mengatakan Rusia tidak akan ambil bagian dalam kualifikasi Euro 2024.

Timnas Rusia

Photo :
  • Twitter: @football_fg
Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Baik tim nasional Rusia maupun klub-klub Rusia dilarang mengikuti kompetisi internasional awal tahun ini oleh UEFA akibat invasi ke Ukraina.

Seperti dikutip dari Antara , Semua tim Rusia saat ini menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang ditindaklanjuti oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 15 Juli 2022.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

“Oleh karena itu Rusia tidak termasuk dalam undian kultivasi sempurna Sepak Bola Eropa UEFA 2022-24,” lanjutnya.

Piala Eropa 2024 akan dituanrumahi Jerman, sedangkan kualifikasi undian akan dilaksanakan 9 Oktober di Frankfurt. Banding Rusia untuk larangan UEFA sudah ditolak oleh CAS pada Juli.

“Saat ini kami sedang menunggu teks lengkap vonis CAS,” kata Persatuan Sepak Bola Rusia.

Menteri Dalam Negeri Jerman juga telah meminta Belarus untuk tidak mengikuti turnamen ini gara-gara mendukung Rusia.

Rusia juga dilarang mengikuti Piala Dunia 2022 Qatar yang akan diadakan dua bulan ke depan oleh FIFA. Sebelumnya, Timnas Rusia awalnya lolos ke babak playoff kualifikasi Eropa. Tim putri Rusia juga dikeluarkan dari Piala Eropa 2022 yang berlangsung di Inggris dan tempat mereka diambil oleh Portugal.

Logo Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • www.sportskeeda.com

Turnamen Piala Eropa atau Euro 2024 akan diadakan di Jerman. Sedangkan undian kualifikasi yang ditetapkan 9 Oktober di Frankfurt. Menteri Dalam Negeri Jerman juga telah meminta Belarus mengikuti turnamen ini karena merupakan bagian dari pertanyaan Rusia yang menginvasi Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya