Nasib Tragis Timnas Rusia, Dicoret dari EURO 2024 dan Banding Ditolak

Timnas Rusia
Sumber :
  • AFP PHOTO/ Kirill KUDRYAVTSEV

VIVA Bola – Timnas Rusia dipastikan terdepak dari EURO 2024 yang berlangsung di Jerman. Hal ini dipastikan usai pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Hvar, Kroasia, Selasa 20 September 2022. 

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

UEFA mengungkapkan prosedur drawing atau undian EURO 2024. Undian akan digelar pada 9 Oktober 2022 di Frankfurt.

Dilansir situs resmi UEFA, Timnas Jerman tidak akan masuk dalam undian. Sebagai tuan rumah, Der Panzer langsung lolos tanpa mengikuti kualifikasi.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

Sementara itu, Rusia dipastikan tercoret dari EURO 2024. Hal ini imbas dari invasi Rusia terhadap Ukraina, mengikuti keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang dikonfirmasi Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 15 Juli 2022.

Logo Federasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA)

Photo :
  • Telegraph
Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Sementara itu, banding Rusia untuk larangan UEFA sudah ditolak oleh CAS pada Juli lalu.

"Saat ini kami sedang menunggu teks lengkap vonis CAS," kata Persatuan Sepakbola Rusia dikutip dari AFP, Rabu 21 September 2022.

Rusia juga dilarang mengikuti Piala Dunia Qatar dua bulan ke depan oleh FIFA. Rusia awalnya lolos ke babak play-off kualifikasi Eropa.

Tim putri Rusia juga dikeluarkan dari Euro tahun ini yang berlangsung di Inggris dan tempat mereka diambil oleh Portugal.

Diketahui, sebanyak 53 negara akan ambil bagian di kualifikasi EURO. Mereka dibagi dalam 10 grup. Tujuh grup berisi lima tim dan tiga grup lainnya diisin enam tim. 

Sepuluh juara grup dan 10 runner up lolos langsung ke putaran final EURO 2024. Tiga tempat tersisa ditentukan lewat babak playoff yang dimainkan pada Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya