Timnas Italia Bungkam Inggris, Kuncinya di Area Pertahanan

Italia vs Inggris di UEFA Nations League
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA Bola – Timnas Italia berhasil memenangkan pertandingan UEFA Nations League A Grup 3 melawan Timnas Inggris. Bermain di San Siro, Sabtu dini hari WIB 24 September 2022, mereka menang tipis 1-0.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Pelatih Italia, Roberto Mancini dianggap menerapkan taktik jitu untuk menghadapi Inggris. Dia mengubah formasi menjadi 3-5-2 dari biasanya 4-3-3 yang digunakan.

Mancini menilai formasi baru tersebut memang membuat Italia tak bermain seketat biasanya dalam menekan lawan. Tapi, bagusnya mereka masih bisa mendulang tiga angka.

Emil Audero Dilirik Timnas Indonesia, Netizen Masih Sakit Hati dengan Ucapan Bapaknya

Sempat beredar anggapan Mancini menerapkan 3-5-2 karena Cirro Immobile absen. Namun ditegaskan sang juru taktik, rencana awal untuk mengubah formasi sudah ditetapkan.

Timnas Italia vs Inggris.

Photo :
  • Twitter/@EURO2024
Shin Tae-yong Beri Kabar Baik ke Emil Audero Sebelum Bertemu Ketum PSSI Erick Thohir

"Ini adalah sistem yang memberi kami lebih banyak soliditas dalam pertahanan, tapi terkadang bisa membuat kami terlalu banyak melakukan kelonggaran. Kami berusaha menjaga tim seketat mungkin, dan perlu ditingkatkan," kata Mancini, dikutip dari Football Italia.

"Kami tidak memiliki pemain yang tepat untuk sayap, jadi saya telah membuat keputusan pagi ini untuk bermain 3-5-2, bahkan jika Immobile sudah fit," imbuhnya.

Berharap Immobile Kembali

Italia vs Inggris di UEFA Nations League

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Italia akan menjalani laga lanjutan UEFA Nations League A Grup 3 melawan Hungaria pada Selasa dini hari WIB 27 September 2022. Immobile diharapkan sudah bisa pulih kembali.

Mancini berharap semangat para pemain Italia masih bisa dipertahankan untuk menghadapi pertandingan melawan Hungaria.

"Sistem taktis tidak sepenting semangat tim dan kami memiliki sikap positif hari ini. Immobile mengalami sedikit masalah, tidak ada yang serius dan kami berharap dapat memulihkannya pada Senin," tuturnya.

Bukan tanpa alasan jika Mancini senang dengan semangat anak asuhnya. Sejak mereka gagal lolos Piala Dunia 2022 Qatar, mereka kerap mendapat kritik.

Tapi sekarang harapan untuk bangkit muncul kembali. Apalagi bisa mengalahkan tim sekelas Inggris.

"Selalu memuaskan untuk mengalahkan Inggris, terutama setelah masa sulit yang kami alami baru-baru ini. Itu menghilangkan sedikit tekanan dan itu penting," ujar Mancini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya