5 Negara Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022, No 2 karena Perang

Timnas Rusia
Sumber :
  • AFP PHOTO/ Kirill KUDRYAVTSEV

VIVA Bola - Setiap negara pastinya sangat ingin berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia, namun ada beberapa negara besar dengan segudang pemain berkualitas gagal lolos gelaran lima tahun sekali tersebut.

Nasib Tragis Paul Pogba, Dituntut 4 Tahun dan Dipecat Juventus

Gelaran Piala Dunia tinggal menyisakan beberapa bulan lagi atau lebih tepatnya akan digelar pada 20 November 2022 mendatang. Sejumlah negara telah melakukan beberapa persiapan seperti mengadakan laga uji coba.

Ada beberapa negara gagal lolos karena meraih kekalahan dalam fase kualifikasi, akan tetapi ada satu negara gagal lolos karena konflik perang, seperti diketahui, bahwa Rusia telah melakukan invasi ke Ukraina, sehingga negara tersebut dijatuhkan sanksi oleh FIFA dan UEFA, yang membuat Timnas Rusia tidak bisa ikut berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022 di Qatar.

Messi Raih Penghargaan Bergengsi yang Tak Bisa Didapat Ronaldo

Berikut beberapa negara gagal lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar, seperti dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Timnas Italia

Cerita 'Bang Jago' Andrea Pirlo yang Bikin Rekan Setim di Juventus Tepok Jidat

Timnas Italia merayakan gol

Photo :
  • twitter.com/Azzurri

Meskipun tim Azzuri menjadi juara Piala Euro 2020 tak membuatnya bisa lolos ke Piala Dunia 2022. Italia gagal lolos setelah berada di peringkat dua di babak fase grup hanya tertinggal dua poin dari Swiss yang berada di puncak klasemen, sehingga skuad asuhan Roberto Mancini bermain di babak play off.

Di babak play off, Timnas Italia secara mengejutkankan kalah 0-1 dari Makedonia Utara yang mengubur mimpi Leonardo Bonucci dan kawan-kawan bermain di Piala Dunia 2022. Ini merupakan kegagalan kedua kali bagi Italia berpartisipasi dalam Piala Dunia.

Dilihat dari segi kualitas pemain, Timnas Italia dihuni oleh beberapa pemain luar biasa seperti, Gianluigi Donnarumma, Marco Verratti, Ciro Immobile, hingga Jorginho.

2. Timnas Rusia

Timnas Rusia

Photo :
  • Twitter: @football_fg

Berbeda dengan negara lain, biasanya negara-negara lain gagal lolos karena meraih kekalahan dalam babak kualifikasi, namun Timnas Rusia gagal lolos ke Piala Dunia karena masalah konflik dengan Ukraina, sehingga Timnas Rusia mendapatkan sanksi dari FIFA dan UEFA tidak boleh berpartisipasi dalam ajang sepak bola.

Tidak hanya menimpa negaranya saja, klub-klub Rusia juga dilarang tampil di ajang Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa. Ini merupakan sebuah kerugian besar untuk negara tersebut. Disatu sisi, Timnas Rusia memiliki beberapa pemain berkualitas yang mengisi beberapa klub di Eropa seperti Aleksander Golovin yang bermain untuk AS Monaco.

3. Timnas Republik Ceko

Pemain Timnas Republik Ceko rayakan gol.

Photo :
  • instagram.com/ceskarepre/

Timnas Republik Ceko harus gagal lolos ke Piala Dunia 2022, setelah kalah 0-1 dari Swedia di babak kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret lalu akibat gol tugal Robin Quaison di babak tambahan waktu, lebih tepatnya menit ke 110.

Meskipun Timnas Republik Ceko memiliki beberapa pemain berkualitas, akan tetapi masih gagal lolos ke Piala Dunia. Terakhir kali Timnas Republik Ceko berpartisipasi dalam ajang tersebut pada 2006 lalu, kali itu, Timnas Republik Ceko Masih diperkuat Petr Cech yang merupakan mantan kiper Chelsea.

4. Timnas Pantai Gading

Pemain Timnas Pantai Gading.

Photo :
  • instagram.com/elephantdecotedivoire

Meskipun Timnas Pantai Gading diperkuat oleh beberapa pemain berkualitas yang bermain di Eropa seperti, Eric Bailly, Franck Kessie, Auriel, Nicolas Pepe hingga Sebastien Haller yang merupakan salah pencetak gol terbanyak di Liga Champions ketika masih bersama Ajax Amsterdam.

Namun para pemain tersebut belum mampu mengantarkan Timnas Pantai Gading lolos ke Piala Dunia setelah dikalahkan 0-1 oleh Kamerun di babak kualifikasi setelah berada di peringkat dua hanya terpaut dua poin dari Kamerun yang berada di puncak klasemen. Ini merupakan kegagalan kedua kali Timnas Pantai Gading berpartisipasi di Piala Dunia setelah sebelumnya 2018.

5. Timnas Chile

Para pemain Timnas Chile merayakan kemenangan atas Kolombia di Copa America 2019

Photo :
  • Instagram/@copamerica

Meskipun belum pastikan absen di Piala Dunia 2022, akan tetapi peluang TimnasĀ ChileĀ untuk terbang ke Qatar sangat tipis. Pasalnya, Timans Chile berada di peringkat ke tujuh Zona Conmebol atau zona Amerika Latin dengan 19 poin. Sementara pada pertandingan terakhirnya, Chili akan menghadapi Uruguay yang sudah di pastikan lolos terlebih dahulu ke Piala Dunia.

Jika Timnas Chile meraih kemenangan menghadapi Uruguay, Antonio Vidal dan kawan-kawan harus bermain di babak play off di Zona Amerika Utara. Jika Timnas Chile absen di Piala Dunia Qatar, maka ini akan menjadi kedua kalinya, setelah pada 2018 negara tersebut absen. Selain itu juga Timnas Chili dihuni oleh beberapa pemain berkualitas seperti, Claudy Bravo, Arturo Vidal, hingga Alexis Sanchez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya