'Si Nomor 10' yang Tergerus dan Mulai Punah di Sepakbola Masa Kini

Diego Maradona
Sumber :
  • Netherland news Live

VIVA Bola – Pemain nomor 10 selama ini memiliki ciri khas tersendiri. Di masa lalu, biasa diasosiasikan dengan gelandang yang bermain lebih ke depan dan biasnya menjadi inspirator serangan.

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Namun menurut legenda AC Milan, Kaka, posisi tersebut sekarang sudah tidak ada lagi. Menurutnya sepakbola sudah jauh berubah sehingga peran 'Si Nomor 10' tak lagi dipertimbangkan.

Kaka sendiri di masa emasnya memerankan posisi yang biasa disebut Mediapunta itu. Tapi untuk sekarang dia tidak lagi melihat pemain yang bermain di sana.

Legenda AC Milan, Ricardo Kaka Diceraikan Istri karena Terlalu Sempurna

"Tidak ada lagi. Semua posisi sudah berubah. Saya menjadi mediapunta selama bertahun-tahun di Milan, posisi yang berkembang sejalan dengan munculnya gelandang box to box," kata Kaka dikutip Football Espana.

Mantan pemain AC Milan, Ricardo Kaka Izecson dos Santos Leite

Photo :
  • Instagram | @kaka

Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur

"Lebih dari itu, saya tidak paham harus bermain seperti apa sekarang, sepakbola kini lebih mengarah fisik. Mungkin saya bisa bergeser ke kiri atau benar-benar menjadi box to box," tegasnya.

Ditanya ulang soal kehadiran 'Si nomor 10' di masa kini, hal yang membuat posisi tersebut mulai kehilangan tempat dalam sepakbola modern adalah gaya bertahan tim yang melakukan pressing hingga garis depan.

"Pertahanan terus mendorong naik, jadi tidak ada ruang di tengah untuk memainkan bola. Sungguh sulit mencari celah," ujarnya.

"Untuk itu tim-tim pun memilih bermain melebar. Mereka mengandalkan sayap," bebernya lagi.

Di masa lalu, ‘Si Nomor 10’ memang kerap menjadi idola bahkan ikon dari sebuah tim. Contohnya para pemain top yang piawai bermain di posisi tersebut ialah Diego Maradona, Pele, Michel Platini, Dennis Bergkamp, Ronaldinho, Pele, hingga Alessandro Del Piero.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya