Timnas Brasil Makin Mantap di Puncak Rangking FIFA, Prancis ke-4

Pemain Timnas Brasil Neymar rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA BolaTimnas Brasil mengukuhkan posisi mereka di puncak rangking FIFA menyongsong Piala Dunia 2022 Qatar yang akan berlangsung pertengahan November mendatang.

Mengutip keterangan tertulis FIFA, torehan itu tidak lepas dari hasil positif yang dibukukan Brasil dalam rangkaian dua pertandingan persahabatan terakhir di Prancis pada September lalu, yang merupakan jendela laga resmi internasional terakhir menjelang Piala Dunia 2022,

Brasil membukukan kemenangan 3-0 atas Ghana pada 23 September dan melumat Tunisia 5-1 empat hari berselang demi memperoleh 3,74 poin tambahan di peringkat FIFA.

Brasil kini mengoleksi total 1841,3 poin dan memperlebar keunggulan atas Belgia yang ada di posisi kedua dengan 1816,71 poin. Hal itu tentu bisa menjadi motivasi tambahan bagi Selecao dalam upaya mereka mengejar trofi Piala Dunia keenam.

Perlukah Timnas Indonesia Naturalisasi Shin Tae-yong? Ini Kata Netizen

Selebrasi pemain Timnas Brasil

Photo :
  • Twitter/@BrasilEdition

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Dalam jendela pertandingan internasional September, Belgia mengalami pengurangan 5,21 poin karena menderita satu kekalahan dari dua laga yang dijalani di UEFA Nations League Divisi A Grup 4, yakni dengan skor 0-1 saat bertandang ke Belanda pada 26 September.
Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat, Vietnam Terjun Bebas


Sementara itu di posisi ketiga terdapat Argentina yang kini mengoleksi total 1773,88 poin setelah menambahkan raihan 3,23 poin berkat dua kemenangan identik 3-0 atas Honduras dan Jamaika dalam jendela laga internasional September.

Tren pengurangan poin tak hanya dialami Belgia, sebab di lima besar peringkat FIFA, hal serupa juga dirasakan oleh Prancis dan Inggris.

Prancis mengalami pengurangan 5,07 poin dan kini memiliki 1759,78 poin di peringkat keempat setelah menderita satu kekalahan dari dua pertandingan bulan September.

Sedangkan Inggris mendapati poin mereka berkurang 8,99 menjadi 1728,47 di tempat kelima, setelah kalah 0-1 di Italia dan cuma bisa bermain imbang 3-3 kontra Jerman.

FIFA mencatat tidak ada perubahan dalam komposisi 10 besar peringkat menjelang Piala Dunia 2022 setelah sedikitnya 172 pertandingan internasional resmi dimainkan sepanjang jendela September.



Hanya saja, Italia melompat naik ke peringkat keenam dengan total 1726,14 poin setelah memperoleh 12,28 poin tambahan, bertukar tempat dengan Spanyol yang kini memiliki 1715,22 poin.

Khusus untuk wilayah di bawah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Iran menggeser Jepang untuk menjadi negara Asia dengan posisi tertinggi peringkat FIFA yakni di urutan ke-20. Indonesia juga naik tiga strip ke peringkat ke-152 setelah membukukan dua kemenangan beruntun atas Guam pada jendela pertandingan internasional September.

Di antara keseluruhan peringkat FIFA, Azerbaijan memperoleh tambahan poin terbanyak yakni 19,55 poin dan bersama Skotlandia jadi negara yang mengalami kenaikan peringkat terbanyak yakni lima tempat, masing-masing di urutan ke-123 dan ke-40.

Sedangkan Makedonia Utara menjadi negara dengan pengurangan poin terbanyak yakni 16,69 dan Norwegia yang melorot enam tempat ke urutan ke-42 jadi negara yang mengalami penurunan peringkat terburuk.

FIFA sebetulnya memberi jendela laga internasional lagi mulai tanggal 13 November atau tujuh hari menjelang pembukaan Piala Dunia 2022 sebagai ajang pemanasan.

Akan tetapi poin-poin dari pertandingan tersebut nantinya akan dihitung setelah Piala Dunia 2022 rampung dan dirilis pada 22 Desember mendatang. (Ant)
Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024