Daftar Lengkap Penerima Penghargaan Ballon d'Or 2022

Alexia Putellas
Sumber :
  • AP Photo/Francois Mori

VIVA Bola – Penghargaan Ballon d'Or 2022 telah rampung dilakukan pada Selasa dini hari WIB 18 Oktober 2022. Total ada tujuh kategori yang diadakan pada edisi kali ini.

Ngambek saat Ditarik Keluar, Erling Haaland Disemprot Legenda MU: Anak Manja!

Satu tambahan kategori baru adalah Socrates Award. Ini ditujukan kepada pemain yang aktif melakukan kegiatan kemanusiaan di luar lapangan.

Pemain Timnas Senegal, Sadio Mane yang terpilih sebagai peraih Socrates Award. Sebab, dia aktif dalam kegiatan kemanusiaan di negara asalnya.

Manchester United Bisa Bantu Manchester City Juara Premier League

Sedangkan penerima gelar Ballon d'Or 2022 adalah Karim Benzema. Penyerang asal Real Madrid itu mengalahkan Sadio Mane dan Kevin De Bruyne yang menghiasi daftar teratas.

Karim Benzema dan Zinedine Zidane

Photo :
  • AP Photo/Francois Mori
Kata Pep Guardiola Usai Erling Haaland Cetak 4 Gol Lawan Wolves

Untuk Ballon d'Or wanita, pemain Barcelona, Alexia Putellas yang mendapatkannya. Ini adalah kedua kali secara beruntun dia didapuk sebagai pemenang.

Kopa Trophy, penghargaan yang diberikan kepada pemain berusia di bawah 21 tahun dimenangkan oleh Gavi dari Barcelona. Dia mengungguli gelandang Real Madrid, Eduardo Camavinga dan Jamal Musiala dari Bayern Munich.

Thibaut Courtois

Photo :
  • AP Photo/Francois Mori

Penyerang Barcelona, Robert Lewandowski mendapatkan Gerd Mueller Trophy. Ini adalah kategori untuk penyerang terbaik sepanjang 2021/2022. Penampilan apiknya ketika masih berseragam Bayern Munich berbuah penghargaan ini.

Selanjutnya ada kategori Yashin Trophy yang dikhususkan kepada penjaga gawang. Yang memenangkannya pada tahun ini adalah kiper Madrid, Thibaut Courtois.

Courtois unggul dari kiper Liverpool, Alisson Becker yang ada di urutan kedua. Di peringkat ketiga ada andalan Manchester City, yakni Ederson.

Manchester City Raih Penghargaan

Manchester City juga mendapatkan penghargaan Club of the Year. Kategori ini mulai diadakan pada 2021, dan Chelsea yang mendapatkannya.

Club of the Year diberikan kepada klub yang paling banyak menempatkan pemainnya dalam daftar nominasi. Untuk tahun ini, ManCity menempatkan tujuh pemain.

Dari kategori Ballon d'Or, ada lima pemain ManCity dalam daftar nominasi. Mereka adalah De Bruyne, Riyad Mahrez, Phil Foden, Bernardo Silva, dan Joao Cancelo.

Dari Ballon d'Or wanita ada juga pemain ManCity, yaitu Lucy Bronze. Lalu Ederson pada kategori Yashin Trophy.

"Ini hari yang membanggakan bagi Manchester City. Terpilih sebagai Club of the Year adalah sebuah kebanggan dan membuat tekad untuk membuat tim pria dan wanita menjadi lebih baik lagi," tutur Chief Executive Officer (CEO) ManCity, Ferran Soriano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya