Profil Stadion 974 Venue Piala Dunia 2022: Alasan Penamaan, Kapasitas dan Keunikannya

Stadion 974 venue Piala Dunia 2022 Qatar
Sumber :
  • qatar2022.qa

VIVA Bola – Stadion 974 adalah satu dari delapan stadion yang bakal digunakan sebagai venue Piala Dunia 2022 Qatar Minggu 20 November 2022 mendatang. Stadion ini berlokasi di distrik Ras Abu Aboud yang terletak di bagian Timur ibukota Qatar.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Dilansir dari StadiumDB, Stadion 974 ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects. Bisa dibilang 974 Stadium merupakan salah satu stadion paling unik di dunia karena dibangun dari susunan kontainer pengiriman barang.

Pekerjaan utama Stadion 974 dimulai pada 1 November 2019 dan berjalan tanpa banyak kendala. Struktur utama selesai dibuat pada Maret 2021. Sebulan kemudian, proses peletakan rumput stadion dimulai.

Laga Hidup dan Mati, Ini 5 Fakta Jelang Duel Yordania vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Alasan diberi nama Stadion 974

Stadion 974 venue Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • qatar2022.qa
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Mulanya stadion ini diberi nama sesuai lokasi didirikan, yakni Ras Abu Aboud. Namun, saat upacara peresmiannya yang digelar secara virtual pada 20 November 2021, nama tersebut diubah menjadi Stadion 974 mengacu pada jumlah kontainer yang digunakan untuk membangun arena.

Selain mengacu pada susunan kontainer, pemilihan angka 974 ini juga mengacu pada kode telepon internasional Qatar yakni +974. Sehingga tak hanya pembangunannya, penamaan stadion ini juga terbilang unik.

Banyak yang mengatakan bahwa stadion ini terkesan seperti tumpukan “lego raksasa” dengan berbagai warna. Terlepas pada bentuknya yang unik, stadion 974 didirikan sebagai bentuk penghargaan untuk Pelabuhan Doha yang letaknya dekat dari stadion.

Kapasitas 40.000 penonton

Auditorium berkapasitas 40.000 kursi ini dibagi menjadi dua tingkat yang dipisahkan oleh kotak-kotak. Tingkat atas tribun menghadap West Bay dan gedung pencakar langitnya.

Karena menggunakan kontainer bekas, ada ketakutan bahwa penonton akan merasakan kepanasan, mengingat cuaca di Qatar tergolong panas bagi orang pada umumnya, sehingga diperlukan AC. Akan tetapi, Stadion 974 tidak memiliki AC.

Masalah AC di tribun diklaim dapat teratasi dengan sendirinya berkat lokasi stadion yang berada di tepi teluk, sehingga banyak angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Mereka menyebut ini sebagai teknologi alami.

Stadion 974 segera dirobohkan setelah Piala Dunia

Stadion 974 venue Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • VisitQatar.com

Stadion ini kabarnya akan segera dibongkar setelah berakhirnya Piala Dunia 2022. Hal ini adalah yang pertama kali, sebab belum pernah ada stadion yang ditutup segera setelah acara tersebut.

Komponen-komponen stadion seperti atap dan kursi akan digunakan dalam proyek gedung olahraga lain di luar Qatar. Setelah dibongkar, lokasi akan dibersihkan dan diubah menjadi kawasan hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya