Profil Timnas Arab Saudi, Berambisi di Grup Neraka

Timnas Arab Saudi
Sumber :
  • saff.com.sa

VIVA Bola – Edisi tahun 2022 merupakan keenam kalinya Timnas Arab Saudi beraksi di gelaran Piala Dunia. Pencapaian tertinggi mereka selama ikut kompetisi Piala Dunia adalah saat pertama kali lolos yaitu pada tahun 1994 — melaju ke babak 16 besar. 

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Sayangnya langkah The Green Men harus dihentikan oleh Timnas Swedia kala itu dengan skor 3-1. Sementara Timnas Swedia pada tahun 1994 berhasil berada di posisi ketiga. 

Ambisi pasukan Herve Renard tak menciut walaupun timnya berada di grup neraka.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Pemain Timnas Arab Saudi

Photo :
  • saff.com.sa

Arab Saudi menempati Grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Timnas Argentina pernah merasakan juara dunia dua kali. Lalu Polandia pernah meraih peringkat ketiga sebanyak dua kali.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Timnas Arab Saudi tak membekali diri dengan tangan kosong. Di kancah benua, Arab Saudi langganan lolos Piala Asia walaupun pada tahun 2019 lalu hanya sampai di babak 16 besar. Tapi setidaknya ada tren positif yang tak bisa dianggap remeh oleh lawan.

Perjalanan lolos ke Piala Dunia 2022

Langkah Arab Saudi menuju Qatar bisa dibilang mulus. Mereka memuncaki klasemen Grup B di babak kualifikasi Zona Asia. Dari 10 pertandingan, Green Falcons memperoleh 7 menang, 2 seri, dan 1 kalah.

Bahkan mereka mengungguli Timnas Jepang yang berada di posisi kedua klasemen Grup B fase kualifikasi dengan selisih hanya satu poin. 

Pemain andalan

Semua pemain Timnas Arab Saudi bermain di klub negaranya sendiri dan mayoritas berseragam klub Al-Hilal.  Al-Hilal sendiri adalah klub yang tak bisa dianggap sebelah mata di level Asia. Mereka meraih gelar juara Liga Champions Asia musim 2021.

Salem Al-Dawsari

Photo :
  • Instagram @29salem

Pemain kunci Timnas Arab Saudi yang bermain Al-Hilal yakni pemain sayap Salem Al-Dawsari. Selama membela negaranya, Al-Dawsari telah tampil 67 kali dengan 17 gol. 

Selain itu ada pula Fahad Al-Muwallad yang merumput di Al-Shahab. Bersama Arab Saudi, ia bermain 72 kali dan mengoleksi 17 gol.

Jadwal Timnas Arab Saudi di fase grup Piala Dunia 2022

Selasa, 22 November 2022

17.00 WIB — Timnas Argentina vs Timnas Arab Saudi

Sabtu, 26 November 2022

20.00 WIB — Timnas Polandia vs Timnas Arab Saudi

Kamis, 1 Desember 2022

02.00 WIB — Timnas Arab Saudi vs Timnas Meksiko

Kiprah Timnas Arab Saudi di Piala Dunia

1994: 16 besar

1998: fase grup

2002: fase grup

2006: fase grup

2018: fase grup

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya