Piala Dunia dalam Catatan Sejarah

Piala Dunia 1930 : Uruguay Juara Dunia Pertama
Sumber :
  • espn.com

VIVA Bola – 11 hari lagi, Piala Dunia 2022 digelar. Sebanyak 32 negara peserta tempur untuk menjadi yang terbaik tahun ini.

Tahun Teraneh dalam Sejarah Sepakbola, 5 Tim Kuda Hitam Jadi Juara

Dimulai 20 November berakhir 18 Desember mendatang. Menarik dinanti aksi para negara peserta di Qatar nanti.

Sejauh ini sudah 21 kali Piala Dunia digelar. Pertama dilangsungkan pada 1930 di Uruguay. 

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Seperti apa Piala Dunia dari masa ke masa. Yuk Simak ulasan berikut ini!

Sejarah Piala Dunia

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Mengutip dari berbagai sumber, Piala Dunia FIFA pertama kali digelar pada tahun 1930, ketika presiden FIFA Jules Rimet memutuskan untuk menggelar turnamen sepakbola internasional. 

Piala Dunia pertama diselenggarakan di Uruguay pada 1930 dan dimenangkan tuan rumah. Kala itu, diperebutkan sebagai final turnamen yang hanya terdiri dari 13 tim yang diundang oleh organisasi.

 

Sejak saat itu, Piala Dunia telah mengalami ekspansi secara berturut-turut dan format yang dibuat ulang untuk saat ini 32 tim final turnamen diawali oleh proses kualifikasi dua tahun, yang melibatkan hampir 200 tim dari seluruh dunia.

Piala Dunia Kedua

Piala Dunia 1934 adalah kali kedua yang dilangsungkan di Italia. Mulai dari 27 Mei hingga 10 Juni. 

Italia dipilih sebagai tuan rumah oleh FIFA pada bulan Oktober 1932. Italia menjadi juara setelah mengalahkan Cekoslowakia di final dengan skor 2-1.

Piala Dunia 1934

Photo :
  • Tangkapan layar

Piala Dunia Ketiga

Piala Dunia 1938 merupakan edisi ketiga. Diadakan di Prancis dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938. 

Italia mempertahankan gelarnya di final, mengalahkan Hungaria 4–2 .

Piala Dunia Keempat

Piala Dunia 1950 merupakan edisi keempat yang digelar di Brasil. Dilangsungkan pada tanggal 24 Juni hingga 19 Juli. 

Ini merupakan penyelenggaraan Piala Dunia yang pertama setelah terjadinya Perang Dunia II, yang berlangsung selama sekitar 12 tahun.

Piala Dunia Kelima

Piala Dunia 1954 adalah edisi kelima. Diadakan di Swiss dari 16 Juni hingga 4 Juli. Swiss terpilih sebagai negara tuan rumah pada bulan Juli 1946.

Piala Dunia Keenam

Piala Dunia 1958 adalah edisi keenam. Dilangsungkan di Swedia dari 8 hingga 29 Juni 1958. Ini adalah Piala Dunia pertama yang dimainkan di negara Nordik. 

Piala Dunia Ketujuh

Piala Dunia 1962 adalah edisi ketujuh. Diadakan dari 30 Mei hingga 17 Juni 1962 di Chili.

 

Piala Dunia Kedelapan

Piala Dunia 1966 adalah edisi kedelapan. Turnamen ini diselenggarakan di Inggris pada tanggal 11 hingga 30 Juli 1990. 

16 tim berpartisipasi pada putaran final. Pertandingan dilaksanakan di 8 stadion di Inggris.

Piala Dunia Kesembilan

Piala Dunia 1970 adalah edisi kesembilan. Diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 21 Juni 1970. 

Meksiko dipilih FIFA pada bulan Oktober 1964 dalam sidang di Tokyo, Jepang. Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di negara Amerika Utara, membuat turnamen dilaksankan di luar Amerika Selatan dan Eropa. 

Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia dengan skor 4–1, sehingga Brasil menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk kali ketiga dan berhak memiliki Piala Jules Rimet untuk selamanya.

Piala Dunia ke-10

Piala Dunia 1974 dilangsungkan di Jerman Barat. Piala Jules Rimet yang jadi milik Brasil selamanya kini digantikan trofi karya pematung Italia, Silvio Gazzaniga. Trofi berbentuk dua pria yang mengusung bola dunia itu dibuat dari emas campuran 18 karat dengan berat 11 pound dan tinggi 20 inci. 

Kali ini turnamen dibagi dalam dua tahap. Keenam belas negara yang lolos dibagi dalam empat grup yang masing-masing terdiri atas empat tim.

Piala Dunia ke-11

Piala Dunia 1978, adalah edisi ke-11. Dilangsungkan di Argentina antara 1 Juni sampai 25 Juni.

Argentina dipilih menjadi tuan rumah oleh FIFA pada bulan Juli 1966. Piala Dunia FIFA 1978 dimenangkan Argentina yang mengalahkan Belanda 3-1 setelah Perpanjangan waktu di final. 

Ini adalah gelar pertama bagi Argentina yang menjadi tim ke enam (setelah Uruguay, Italia, Jerman Barat, Brasil, dan Inggris) yang menjadi juara.

Piala Dunia ke-12

Piala Dunia 1982 adalah edisi ke-12. Turnamen ini diselenggarakan di Spanyol pada tanggal 13 Juni hingga 11 Juli 1982. 

24 tim berpartisipasi pada putaran final, yang merupakan penambahan peserta dari beberapa edisi sebelumnya yang diikuti 16 tim.

Italia menjuarai turnamen ini setelah menang atas Jerman Barat dengan skor 3-1 pada pertandingan final di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid. Polandia berada pada peringkat ketiga setelah mengalahkan Prancis dengan skor 3-2 dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion José Rico Pérez, Alicante. 

Pemain Italia Paolo Rossi menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang putaran final dengan 6 gol.

Piala Dunia ke-13

Piala Dunia 1986 merupakan edisi ke-13. Diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 29 Juni 1986. 

Meksiko terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara edisi ini, menggantikan Kolombia yang mengundurkan diri, setelah melalui pemungutan suara Komite Eksekutif FIFA di Zürich, Swiss pada 20 Mei 1983, dengan mengalahkan Amerika Serikat dan Kanada.

Format yang digunakan pada edisi ini tidak jauh berbeda dengan Piala Dunia FIFA 1982 yang diselenggarakan di Spanyol, di mana ke-24 tim dibagi dalam enam grup yang masing-masing terdiri atas 4 tim. 

Perbedaannya, pada babak kedua, yang diikuti 16 tim tersisa, dipergunakan sistem gugur, bukan penyisihan grup. Belajar dari kasus antara Jerman Barat dan Austria yang merugikan Aljazair empat tahun sebelumnya, maka pertandingan terakhir babak penyisihan grup dimainkan secara bersamaan di dua stadion yang berbeda.

Turnamen ini dimenangkan Argentina atas Jerman Barat setelah memenangkan pertandingan final di Azteca, Kota Meksiko dengan skor 3–2. Sementara, Prancis meraih juara ketiga atas Belgia, setelah menang dengan skor 4–2 setelah melewati perpanjangan waktu dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Cuauhtemoc, Puebla.

Diego Maradona

Photo :
  • Netherland news Live

Piala Dunia ke-14

Piala Dunia 1990 atau edisi ke-14 dilangsungkan di Italia. Semangat permainan bertahan ala tuan rumah yang dikenal dengan sebutan cattenaccio seolah memengaruhi penampilan hampir ke-24 tim finalis.

Sebelum dimulai Italia 1990 diprediksi bakal menjadi turnamen besar. Enam juara,Italia, Argentina, Brasil, Jerman Barat, Uruguay, dan Inggris, ikut ambil bagian.

Lagu resmi World Cup 1990 ini berjudul To Be Number One yang dibawakan penyanyi asal Italia Edoardo Bennato dan Gianna Nannini.

Piala Dunia ke-15

Piala Dunia 1994 merupakan edisi ke-15. Diselenggarakan di Amerika Serikat, 17 Juni hingga 17 Juli 1994.

Amerika Serikat dipilih FIFA pada bulan Juli 1988 dalam sidang di Zürich, Swiss. 
Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia setelah melalui adu penalti dengan skor 3–2, setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit pertama. 

Ini adalah kali pertama penggunaan adu penalti dalam menentukan juara Piala Dunia FIFA.  Sementara, Swedia meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 4–0 atas Bulgaria. 

Baik pertandingan final maupun pertandingan perebutan tempat ketiga dilaksanakan di Stadion Rose Bowl, Los Angeles.

Piala Dunia ke-16

Piala Dunia 1998 merupakan edisi ke-16. Diselenggarakan di Prancis, 10 Juni hingga 12 Juli 1998. 

Prancis dipilih FIFA pada bulan Juli 1992 dalam pemilihan di Zürich, Swiss, mengalahkan dua calon lainnya, Maroko dan Swiss. 

Turnamen ini dimenangkan tuan rumah Prancis, setelah memenangkan pertandingan final di Stade de France, Saint-Denis atas Brasil dengan skor 0–3. 

Sementara, tim kuda hitam Kroasia meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 1–2 atas Belanda dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Parc des Princes, Paris.

Piala Dunia ke-17

Piala Dunia 2002 adalah edisi ke-17. Turnamen ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di dua negara, yaitu Korea Selatan dan Jepang sejak tanggal 31 Mei hingga 30 Juni 2002. 

32 tim berpartisipasi pada putaran final. Brasil menjuarai turnamen ini untuk kelima kalinya setelah menang atas Jerman dengan skor 2–0 pada pertandingan final di Stadion Internasional Yokohama di Yokohama, Jepang. 

Timnas Brasil juara Piala Dunia 2002

Photo :
  • AP Photo/Thomas Kienzle

Turki berada pada peringkat ketiga setelah mengalahkan tuan rumah Korea Selatan dengan skor 3–2 dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Piala Dunia Daegu, Daegu.

Piala Dunia ke-18

Piala Dunia 2006 adalah edisi ke-18. Putaran finalnya diselenggarakan di Jerman, 9 Juni hingga 9 Juli 2006. 

Turnamen ini dimenangkan Italia, setelah memenangkan pertandingan final atas Prancis setelah melalui adu penalti dengan skor 5-3, setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit pertama dalam pertandingan final di Stadion Olimpiade, Berlin. 

Ini adalah kali kedua penggunaan adu penalti dalam menentukan juara Piala Dunia FIFA. Sementara, tuan rumah Jerman meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 3-1 atas Portugal dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Gottlieb-Daimler, Stuttgart.

Piala Dunia ke-19

Piala Dunia 2010 adalah edisi ke-19, diadakan di Afrika Selatan. Piala Dunia tahun ini adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Afrika. 

Afrika Selatan terpilih sebagai penyelenggara pada bulan Mei 2004, mengalahkan Maroko dan Mesir dalam proses pengundian yang hanya terbuka untuk negara-negara Afrika. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali; turnamen sebelumnya diadakan di Jerman, sementara turnamen selanjutnya akan diadakan di Brasil.

Spanyol saat juara Piala Dunia 2010.

Photo :
  • talkSPORT

Piala Dunia ke-20

Piala Dunia 2014 merupakan edisi ke-20, diselenggarakan di Brasil. Ini adalah kedua kalinya Brasil menyelenggarakan turnamen ini (setelah 1950), Brasil menjadi negara kelima yang pernah menyelenggarai Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali, setelah Meksiko, Italia, Prancis, dan Jerman. 

Turnamen ini juga merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Amerika Selatan sejak Argentina 1978. Sebelumnya tidak ada negara Amerika Selatan yang menyelenggarakan Piala Dunia FIFA lebih dari satu kali.

Untuk pertama kalinya di putaran final Piala Dunia, pertandingan dilangsungkan menggunakan teknologi garis gawang.

Mario Goetze rayakan gol ke gawang Argentina di final Piala Dunia 2014.

Photo :
  • www.fifa.com

Jerman berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Argentina pada pertandingan final dengan skor 1-0. Sementara Belanda menjadi juara ketiga setelah mengalahkan tim tuan rumah Brasil pada pertandingan perebutan tempat ketiga dengan skor 3-0.

Piala Dunia ke-21

Piala Dunia 2018 merupakan edisi ke-21. Turnamen ini diselenggarakan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018, setelah negara tersebut terpilih sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010. 
Edisi Piala Dunia ini menjadi yang pertama digelar di Eropa sejak edisi 2006 di Jerman. 

Seluruh stadion kecuali Stadion Sentral terletak di Eropa Rusia, bagian barat Pegunungan Ural, agar mengurangi waktu perjalanan karena negara yang luas. Ini merupakan Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Eropa Timur, dan kesebelas kalinya di Eropa. Untuk pertama kalinya turnamen ini berlangsung di dua benua - Eropa dan Asia.

Timnas Prancis juara Piala Dunia 2018

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader, File

Semua stadion, kecuali satu, terletak di Rusia Eropa. Dengan perkiraan biaya lebih dari $14,2 miliar, ini merupakan Piala Dunia paling mahal yang pernah ada. Ini juga merupakan Piala Dunia pertama yang menggunakan asisten wasit video (VAR).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya