Profil Timnas Kroasia, Tim dengan Ambisi Juara Piala Dunia 2022

Timnas Kroasia
Sumber :
  • instagram

VIVA BolaTimnas Kroasia saat ini berada di peringkat ke-12 FIFA dan merupakan salah satu tim yang bisa menjadi kompetitor kuat dalam perebutan gelar juara ajang sepakbola yang terselenggara empat tahunan ini.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Piala Dunia 2022 sendiri akan dilangsungkan di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Vatreni atau julukan Timnas Kroasia, tentu mengusung niat untuk meraih gelar juara Piala Dunia pertama mereka setelah tampil apik pada edisi sebelumnya pada 2018 lalu.

Timnas Kroasia.

Photo :
  • Twitter: HNS_CFF
Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Di Piala Dunia 2018 di Rusia, mereka sukses menembus babak final dan bertemu Prancis. Namun, Luka Modric dan kolega harus puas dengan kekalahan dengan skor 4-2.

Dengan pemain-pemain berpengalaman, Kroasia diyakini bakal memberi kejutan lagi pada edisi kali ini. Pasalnya, skuad mereka saat ini dinilai sebagai sebuah ancaman bagi tim-tim yang difavoritkan meraih gelar juara.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Perjalanan Lolos ke Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Kroasia merayakan gol ke gawang Spanyol

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Kroasia memiliki tren positif sebelum berangkat ke Qatar untuk menjalani Piala Dunia 2022 nanti. Vatreni hadir dengan gelar juara Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan mengemas 23 poin dari 10 pertandingan.

Mereka berhasil mengalahkan Rusia untuk posisi puncak klasemen Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor tipis 1-0 pada 11 November 2021 lalu. Dengan hasil itu, Luka Modric dan kolega tak perlu melewati jalur play-off untuk berangkat ke Qatar.

Pemain Andalan

Gelandang Timnas Kroasia, Luka Modric

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Tak perlu diragukan bahwa pemain andalan Timnas Kroasia masih berada pada Luka Modric. Meski sudah menginjak usia yang tak muda lagi, sang kapten tetap merupakan gelandang tengah terbaik yang dimiliki Vatreni.

Bahkan, Luka Modric memiliki catatan apik bersama Kroasia. Tercatat, gelandang Real Madrid ini telah mengoleksi 23 gol dan 24 assist dari 154 penampilan. Selain itu, ia juga merupakan pemain yang meraih gelar Ballon d’Or pada 2018 lalu. Sampai saat ini, Modric masih menjadi andalan di Real Madrid maupun di skuad asuhan Zlatko Dalic.

Pelatih

Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic

Photo :
  • Twitter/@HNS_CFF

Zlatko Dalic merupakan pelatih yang dulunya pernah berkarier sebagai pemain sepakbola. Ia mengawali kariernya dengan memperkuat klub asal Bosnia, NK Triglav Livno. Semasa aktif sebagai pemain, Zlatko Dalic tak memiliki prestasi yang mentereng. Ia memutuskan untuk pensiun pada 2000 silam.

Setelah karirnya sebagai pemain berakhir, Zlatko Dalic melanjutkan kariernya di sepakbola sebagai pelatih klub asal Kroasia, NK Varazdin. Ia juga memiliki pengalaman sebagai Direktur Olahraga dan asisten pelatih.

Sejumlah klub pernah melatih klub-klub di Timur Tengah seperti Al-Hilal dan Al-Ain sebelum akhirnya ditunjuk sebagai pelatih Kroasia pada 2017 hingga saat ini. Torehan manisnya terjadi pada Piala Dunia 2018 Rusia lalu dengan mengantarkan Vatreni mencapai partai final kontra Prancis.

Jadwal Fase Grup Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

Duel Timnas Spanyol Vs Kroasia

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Rabu, 23 November 2022
17.00 WIB – Maroko vs Kroasia (Stadion Al-Bayt Al Khor)

Minggu, 27 Oktober 2022
23.00 WIB – Kroasia vs Kanada (Stadion Internasional Khalifa)

Kamis, 1 Desember 2022
22.00 WIB – Kroasia vs Belgia (Stadion Al Rayyan)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya