Profil Timnas Wales di Piala Dunia 2022, Penantian Panjang Selama 64 Tahun

Timnas Wales
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Bola – Timnas Wales berhasil lolos kualifikasi dan akan berlaga di Piala Dunia 2022 di Qatar. Piala Dunia 2022 tersebut akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Terinspirasi dari Keluarga Temannya, Mantan Pemain Real Madrid Masuk Islam

Akan ada 64 pertandingan dari 32 negara yang lolos ke Piala Dunia Qatar. Pada ajang empat tahunan itu Timnas Wales tergabung dalam grup B bersama dengan Inggris, Iran, dan Amerika Serikat.

Lolosnya Wales ke Piala Dunia tahun ini merupakan sejarah baru. Pasalnya, Wales harus menunggu 64 tahun untuk kembali lolos ke Piala Dunia. Simak profil Timnas Wales berikut ini.

Laga Hidup dan Mati, Ini 5 Fakta Jelang Duel Yordania vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Profil Timnas Wales

Gareth Bale catat penampilan ke-100 bersama Timnas Wales

Photo :
  • instagram.com/garethbale11
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Dikutip dari TheCitizen, Timnas Wales pernah mencapai perempat final tahun 1958 pada Piala Dunia. Penampilan penting lainnya yaitu semifinalis Kejuaraan Eropa pada tahun 2016.

Pelatih Timnas Wales yakni Rob Page. Ia dipromosikan sebagai nahkoda baru tim nasional karena skorsing Ryan Giggs dan kemudian mengundurkan diri karena tuduhan kekerasan dalam rumah tangga. 

Page memiliki karir bermain yang jauh lebih rendah dari pendahulunya sebagai bek di liga sepak bola Inggris yang lebih rendah. Tapi dia telah membuktikan pemimpin yang menginspirasi di tingkat internasional, memimpin Wales keluar dari grup mereka di Euro 2020 dan ke Piala Dunia pertama dalam 64 tahun. Prestasinya telah dihargai dengan kontrak baru yang berjalan hingga Piala Dunia berikutnya pada tahun 2026.

Pemain kunci di Timnas Wales adalah Gareth Bale. Ia memiliki mahkota kejayaan yang dia dambakan di CV yang mengesankan untuk klub dan negara dengan akhirnya berhasil mencapai Piala Dunia. 

Sekarang bermain sepak bola klubnya di MLS dengan LAFC, Bale tetap menjadi jimat bagi bangsanya. Pemenang Liga Champions lima kali itu menindaklanjuti dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 atas Austria di semifinal playoff dengan satu-satunya gol melawan Ukraina untuk mengirim Wales ke Qatar. 

Pada usia 33, ada desas-desus bahwa mantan penyerang Real Madrid itu mungkin akan mundur dari sepak bola internasional setelah turnamen.

Jadwal pertandingan grup

Pertandingan Timnas Wales melawan Estonia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Photo :
  • twitter.com/Cymru
  • 21 November 2022: AS vs Wales
  • 25 November 2022: Wales vs Iran
  • 29 November 2022: Wales vs Inggris

Skuad Piala Dunia 2022 di Qatar

Skuad Timnas Wales.

Photo :
  • Marca

Kiper: Wayne Hennessey (Nottingham Forest/ENG), Danny Ward (Leicester City/ENG), Tom King (Salford City/ENG).

Bek: Ethan Ampadu (Spezia/ITA), Chris Mepham (Bournemouth/ENG), Ben Davies (Tottenham/ENG), Chris Gunter (Wimbledon/ENG), Connor Roberts (Burnley/ENG), Joe Rodon (Rennes/FRA), Neco Williams (Nottingham Forest/ENG), Rhys Norrington-Davies (Sheffield United/ENG).

Gelandang: Joe Allen (Swansea City), Aaron Ramsey (Nice/FRA), Harry Wilson (Fulham/ENG), Jonny Williams (Swindon Town/ENG), Joe Morrell (Portsmouth/ENG), Dylan Levitt (Dundee United/SCO) , Ruben Colwill (Swansea City), Sorba Thomas (Huddersfield Town/ENG).

Penyerang: Gareth Bale (LAFC/USA), Daniel James (Fulham/ENG), Kieffer Moore (Bournemouth/ENG), Tyler Roberts (QPR/ENG), Brennan Johnson (Nottingham Forest/ENG), Mark Harris (Cardiff City), Nathan Broadhead (Wigan Athletic/ENG).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya