3 Pemain Asing J League yang Tampil di Piala Dunia 2022

La'eeb maskot Piala Dunia 2022
Sumber :
  • FIFA.com

VIVA Bola – Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai dalam waktu tiga hari lagi. Ajang empat tahunan bergengsi di dunia ini sangat dinanti-nantikan. Ada tiga pemain asing kompetisi sepakbola Jepang, J League yang turut serta di dalamnya.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Mereka ini masuk dalam pemanggilan skuad tim nasional negara masing-masing. Performa yang bagus di J League menjadi salah satu faktor yang membuat mereka dipanggil.

Tiga pemain ini membuat total ada 10 pemain dari J League yang akan meramaikan Piala Dunia 2022. Tujuh di antaranya masuk dalam skuad Timnas Jepang.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: la_info_delfutbol

Kemeriahan Piala Dunia 2022 dan ada pemain J League di dalamnya tentu membuat penggemar sepakbola Jepang bangga. Karena itu menandakan kompetisi mereka memiliki kualitas.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Lantas siapa saja mereka? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya;

1. Kwon Kyung-won

Kwon Kyung-won

Photo :
  • Dok. J League

Kwon Kyung-won adalah pemain yang masuk dalam skuad Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Bek berusia 30 tahun itu adalah pemain asal klub Gamba Osaka.

Pelatih Korea Selatan, Paulo Bento memasukkan sembilan pemain belakang dalam skuadnya. Kwon yang tampil bagus di musim 2022 bersama Gamba Osaka salah satu di antaranya.

Kwon sudah sejak 2017 menjalani debut bersama tim berjuluk Taeguk Warriors. Sejauh ini, total sudah tampil dalam 28 pertandingan dengan sumbangan dua gol.

Ini bukan Piala Dunia pertama bagi Kwon. Karena pada 2018, dia juga masuk dalam skuad, tapi tidak mendapat kesempatan bermain.

2. Mitchell Duke

Mitchell Duke

Photo :
  • Dok. J League

Mitchell Duke adalah pemain dalam skuad Timnas Australia di Piala Dunia 2022. Namanya dipilih oleh pelatih Graham Arnold untuk mengisi stok barisan penyerang.

Yang menarik dari pemanggilan Duke ini adalah fakta dia bermain di kasta kedua J League bersama Fagiano Okayama. Sudah berusia 31 tahun, tapi Arnold masih percaya kepadanya.

Duke sudah menjadi bagian dari Fagiano Okayama sejak 2021. Ketika itu dia diboyong dari tim Arab Saudi, Al-Taawoun FC.

Di J2 League musim ini, Duke mencatatkan 37 penampilan. Sumbangannya adalah delapan gol dan tiga assist untuk Fagiano Okayama.

Dalam perjalanan Australia menembus Piala Dunia 2022, Duke memberi kontribusi. Dia jadi pilihan utama Arnold di babak kualifikasi, termasuk saat play-off interkontinental melawan Timnas Peru.

3. Thomas Deng

Thomas Deng

Photo :
  • Dok. J League

Thomas Deng juga menjadi salah satu pemain asing di J League yang membela Australia di Piala Dunia 2022. Dan dia juga menjadi pemain dari J2 League.

Bedanya, Deng berhasil membantu timnya, Albirex Nigata menjadi juara, dan promosi ke kasta tertinggi untuk musim depan. Delapan penampilan dia catatkan untuk musim ini.

Deng adalah pemain Australia yang memiliki garis keturunan Sudan Selatan, tapi lahir di Kenya. Sejak usia enam tahun, orang tuanya memboyong ke Australia sebagai pengungsi.

Deng memulai debut bersama Australia pada 2018. Ketika itu dia diturunkan dalam laga uji coba melawan Kuwait.

Di skuad senior Australia, Deng baru mencatatkan dua penampilan. Tapi dia sudah sering main di skuad U-23, termasuk saat Olimpiade 2020 Tokyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya