Presiden FIFA Yakin Penonton akan Bertahan Tanpa Minuman Beralkohol di Stadion Piala Dunia 2022

Presiden FIFA Gianni Infantino
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

VIVA Bola – Presiden FIFA, Gianni Infantino, tak mau ambil pusing dengan keputusan Qatar yang akhirnya melarang adanya penjualan minuman beralkohol di stadion Piala Dunia 2022. Dia pun mengatakan, hal itu hanya merupakan keresahan singkat bagi penonton.

Laga Hidup dan Mati, Ini 5 Fakta Jelang Duel Yordania vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Jika ini adalah masalah terbesar yang kami miliki, saya akan menandatangani perjanjian itu," kata Infantino, seperti dikutip AP, Sabtu 19 November 2022, atau sehari setelah Qatar mengubah kesepakatan yang mereka buat untuk menjaga kekondusifan selama Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 Qatar, Stadion Ahmad Bin Ali

Photo :
  • Instagram: mundo.dos.estadios
Intip Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Infantino justru menyalahkan arus massa di Doha atas keputusan tersebut, meskipun tampaknya itu adalah kebijakan pemerintah Qatar yang ingin mengakomodir warga Wahhabi konservatifnya yang sudah marah dengan beberapa peristiwa di sekitar turnamen yang mereka pandang sebagai budaya Barat.

Infantino juga mengatakan bahwa larangan bir di stadion dibuat bersama oleh pejabat Qatar dan FIFA.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

"Kami mencoba sampai akhirnya untuk melihat apakah itu mungkin," ujar Infantino soal penjualan minuman beralkohol di stadion.

"Jika selama 3 jam sehari Anda tidak bisa minum bir, Anda bisa bertahan. Mungkin adalah alasan mengapa di Prancis, di Spanyol, dan di Skotlandian, alkohol dilarang di stadion. Mungkin mereka lebih pintar dari kami, dan kami berpikir seharusnya melakukan itu," sambungnya.

Penonton memang tetap dapat meminum minuman beralkohol pada malam hari di 'FIFA Fan Fest', area khusus yang juga menawarkan konser musik. Qatar sendiri membatasi secara ketat pembelian dan konsumsi alkohol, meskipun penjualannya telah diizinkan di bar hotel selama bertahun-tahun di luar penyelenggaraan Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 akan dimulai pada hari Minggu malam 20 November 2022, waktu setempat, dengan pertandingan pembukaan antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador, dan ketika Qatar terpilih sebagai tuan rumah turnamen, negara kaya minyak itu telah menyetujui persyaratan FIFA untuk menjual minuman beralkohol di stadion.

Ilustrasi aneka minuman beralkohol

Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

Paket minuman beralkohol pun dirilis 11 pekan sebelum pembukaan, tapi kemudian diubah pada Jumat 18 November 2022.

FIFA mengatakan bir non-alkohol masih akan dijual di delapan stadion, sedangkan sampanye, wine, wiski, dan minuman beralkohol lainnya hanya akan tersedia area perhotelan mewah dekat stadion.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya