Penampilan 3 Pemain J League saat Jepang Kalahkan Jerman

Shuichi Gonda saat Jepang mengalahkan Jerman
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVA Bola – Timnas Jepang berhasil membuat kejutan saat melakoni laga Grup E Piala Dunia 2022. Bermain di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Qatar, Rabu malam WIB 23 November 2022, mereka menang 2-1 atas Timnas Jerman. Dalam laga tersebut, ada tiga pemain dari J League yang jadi starter.

Kata Jay Idzes soal Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Tiga pemain tersebut adalah Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Yuto Nagatomo (F.C. Tokyo), dan Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse). Mereka memberi sumbangsih atas kemenangan Jepang kali ini.

Dalam pertandingan ini, Jepang lebih dulu tertinggal setelah Jerman mencetak gol penalti melalui Ilkay Guendogan pada babak pertama.

Profil Timnas Slovenia: Kontestan Piala Eropa 2024 yang Lama Meredup

Hiroki Sakai saat Jepang melawan Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Jepang tak mau menyerah begitu saja. Mereka terus berjuang, hingga di babak kedua berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Jerman melalui aksi Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Breaking News, Toni Kroos Pensiun

Kemenangan ini memberi kejutan kepada dunia. Karena setelah Arab Saudi mengalahkan Argentina sehari sebelumnya, kini wakil Asia lainnya bisa menang atas Jerman yang merupakan tim unggulan.

Nagatomo yang bermain dalam 57 menit pada pertandingan kali ini digantikan oleh Kaoru Mitoma. Statistik mencatat, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri itu melakukan sentuhan terhadap bola sebanyak 15 kali.

Yuto Nagatomo saat membela Jepang melawan Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader

Nagatomo juga tercatat memiliki akurasi umpan sebesar 86 persen. Dia berhasil memenangkan duel udara sebanyak satu kali, dan melakukan satu sapuan.

Tak cuma itu, Nagatomo mengirimkan satu umpan kunci dalam laga melawan Jerman. Lalu ada juga satu umpan silang yang dia lepaskan.

Sakai yang mengisi posisi bek sayap kanan bermain selama 74 menit. Dia digantikan oleh Takumi Minamino.

Mengawal pertahanan Jepang, Sakai mencatatkan lima kali sapuan, sekali blok, dan satu kali intersep. Empat kali dia melakukan tekel, dan memenangkan lima kali duel dari 14 kali kesempatan.

Sebagai bek sayap kanan, Sakai juga membantu tim ketika menyerang. Total dia melakukan 48 sentuhan terhadap bola, dan umpan suksesnya 57 persen. Ada satu umpan kunci yang diberikan, serta satu kali percobaan ke gawang lawan.

Yang paling mencuat dari laga ini adalah penampilan dari Gonda. Dia tampil impresif dalam mengawal gawang Jepang dari gempuran Jerman.

Ada satu yang mungkin bisa dianggap sebagai kesalahan Gonda dalam laga ini. Ketika melakukan pelanggaran terhadap David Raum dan berujung hukuman penalti bagi Jepang.

Namun di luar itu, Gonda tampil apik. Dia tercatat melakukan delapan kali penyelamatan ketika Jerman mendapatkan peluang ke gawang.

Itulah sebabnya kemudian Gonda terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga Jerman vs Jepang versi FIFA. Dia tampil luar biasa dalam mengawal gawang Samurai Biru.

Dalam sejarah Jepang di Piala Dunia, cuma ada Yoshitaku Kawaguchi di atas Gonda. Karena saat tampil di Piala Dunia 2006 melawan Brasil, dia mencatatkan 10 kali penyelematan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya