Terungkap, Kunci Sukses Timnas Jepang Permalukan Jerman

Laga Timnas Jerman vs Timnas Jepang di Piala Dunia 2022
Laga Timnas Jerman vs Timnas Jepang di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Matthias Schrader

VIVA Bola – Secara mengejutkan Timnas Jerman tumbang di tangan Timnas Jepang dengan skor 1-2 dalam laga perdana Piala Dunia 2022 Grup E Stadion Khalifa International pada Rabu malam kemarin, 23 November 2022. 

Satu gol Kemana ditorehkan Ilkay Guendogan (33'). Sementara dua gol Jepang masing-masing ditorehkan Ritsu Doan (75') dan Takuma Asona (83'). Kemenangan ini membuat tim berjuluk Samurai Biru ini meraih tiga poin.

Di laga Jerman vs Jepang ini, Der Panzer sebetulnya unggul terlebih dahulu di menit ke 33 melalui tendangan penalti. Namun Jepang mampu membalikkan keadaan di babak kedua.

Usai permalukan Jerman, pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu mengungkapkan kunci kemenangan skuadnya. Tak dipungkiri, terinspirasi dari semangat Timnas Arab Saudi.

Selebrasi pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan usai bobol gawang Timnas Jerman

Selebrasi pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan usai bobol gawang Timnas Jerman

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

"Kami melihat Arab Saudi dengan kemenangan mengejutkan, jadi kami menunjukkan kemampuan sepakbola Asia kami," ujar Moriyasu dikutip dari The Guardian, Kamis 24 November 2022.

"Di skuad kami, empat pemain bermain di Bundesliga, dua di Primer League. Mereka bertarung di liga-liga tangguh yang sangat kuat ini. Mereka telah membangun kekuatan mereka," tambahnya.