4 Tim Benua Asia yang Pernah Mengejutkan di Piala Dunia, No 3 Baru Permalukan Argentina

Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

VIVA bola - Banyak tim yang terlalu memandang sebelah mata negara-negara di Asia ketika berlaga di Piala Dunia. Namun nyatanya beberapa negara di Asia mampu berbuat banyak di Piala Dunia.

Industri Otomotif Indonesia Jadi Sorotan Jepang

Meskipun belum pernah ada negara yang meraih gelar Piala Dunia di Benua Asia, namun nyatanya beberapa negara di Asia mampu menyulitkan negara-negara besar seperti Argentina, Italia hingga Jerman.

Kini negara-negara Asia memiliki tim yang cukup kuat seperti Korea Selatan, Jepang hingga Arab Saudi. Pada Piala Dunia 2022, ketika tim tersebut mampu mengejutkan tim-tim besar Eropa maupun Amerika Selatan.

Sidang Subsidiary Body (SB) ke-60 Jerman, KLHK Ungkap Implementasi Perdagangan Karbon Jadi Sorotan

Berikut beberapa negara yang pernah mengejutkan di Piala Dunia, seperti dilansir berbagai sumber sebagai berikut:

Yuu Scroll ke Bawah!!

Mercedes-Benz Bersiap Rakit Mobil Listriknya di Indonesia

1. Korea Utara vs Italia

Timnas Korea Utara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pada Piala Dunia 1966 dimana Inggris menjadi tuan rumah. Pada Piala Dunia tahun tersebut, itu merupakan ajang pertama kalinya bagi Timnas Korea Utara berlaga di gelaran empat tahun sekali ini.

Korea Utara masuk dalam grup neraka bersama Uni Soviet, Italia dan Chile. Korea Utara mampu menumbangkan Timnas Italia dengan skor tipis 1-0. Selain itu juga, Korea Utara menjadi tim pertama di Asia yang masuk babak 16 besar Piala Dunia pada waktu itu.

2. Italia vs Korea Selatan

Timnas Korea Selatan

Photo :
  • instagram.com/thekfa

Pada Piala Dunia 2002, di mana Korea Selatan menjadi tuan rumah gelaran empat tahun sekali ini. Secara mengejutkan Korea Selatan mampu menembus babak perempatfinal Piala Dunia setelah meraih kemenangan 2-1 atas Timnas Italia.

Namun dalam laga tersebut dipenuhi dengan banyak kontroversi sehingga banyak yang menuduh wasit terlalu memihak kepada tim tuan rumah.

Lagi-lagi Korea Selatan mampu berbicara banyak di setiap gelaran Piala Dunia. Kali Korea Selatan berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 dalam babak penyisihan pada Piala Dunia 2016 di Rusia. Selain itu, Korea Selatan yang tergabung dalam grup berat bersama Swedia dan Meksiko.

Dua gol Korea Selatan tercipta jelang laga berakhir, tepatnya di menit ke 90+2 ditorehkan Kim Young Gwon dan gol kedua dibukukan Son Heung Min di menit ke 90+2. Selain itu juga, Korea Selatan berhasil menggagalkan Jerman untuk melaju ke babak 16 besar.

3. Argentina vs Arab Saudi

Argentina vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

Banyak yang tidak menyangka bahwa Arab Saudi mampu menumbangkan Argentina dengan skor 2-1 pada Piala Dunia 2022 Qatar. Seteuknya, Arab Saudi sempat tertinggal satu gol terlebih dahulu di babak pertama melalui tendangan penalti Lionel Messi.

Namun di babak kedua, Arab Saudi mampu membalikan keadaan dengan skor 2-1. Masing-masing gol ditorehkan Saleh Al Shehri di menit ke 48 dan Salem Al Dawsari di menit ke 53. Atas kemenangan Ini Arab Saudi berada di puncak grup C.

4. Jerman vs Jepang

Timnas Jepang kalahkan Jerman di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Petr Josek

Paling terbaru adalah Jepang yang mampu menumbangkan Jerman dengan skor 2-1 pada Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam laga tersebut, Jepang sempat tertinggal terlebih dahulu di menit ke 33 melalui tendangan penalti Ilkay Gundogan. Namun tak disangka skuad tim berjuluk Samurai Biru tersebut mampu bangkit di babak kedua.

Pada awal babak kedua, para pemain Jepang sempat diremehkan oleh salah satu pemain belakang Jerman yaitu Antonio Ruediger. Akan tetapi pemain yang diremehkan tersebut mampu membawa Jepang meraih kemenangan. Dua gol Jepang masing-masing dicetak Ritsu Doan menit ke 75 dan Takuma Asano menit ke 83.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya