Dilibas Senegal, Timnas Qatar Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Pemain Senegal Famara Diedhiou rayakan gol ke gawang Qatar
Sumber :
  • AP Photo/Ariel Schalit

VIVA Bola – Timnas Qatar menjadi tim pertama yang dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022. Tuan rumah takluk 1-3 dari Timnas Senegal di Al Thumama Stadium, Doha, Jumat 25 November 2022.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Senegal terus membombardir gawang Qatar di babak pertama. Kiper Qatar, Meshaal Barsham harus jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Senegal akhirnya memecah kebuntuan di menit 41. Boulaye Dia mencatatkan namanya di papan skor usai mendapatkan bola liar di depan gawang tuan rumah.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Baru masuk babak kedua, Senegal menggandakan kedudukan di menit 48. Sepak pokok dari Ismail Jakobs diselesaikan dengan sundulan terarah dari Famara Diedhiou.

Qatar belum menyerah. The Maroon mengancam di menit 63. Tendangan dari Almoez Ali mampu dipatahkan kiper Senegal, Edoard Mendy.

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Mendy kembali jadi pahlawan Senegal di menit 67. Kiper Chelsea ini menghalau tendangan jarak dekat dari Ismael Mohammad.

Pemain Qatar rayakan gol Mohammed Muntari

Photo :
  • AP Photo/Darko Bandic

Kerja keras Qatar akhirnya terbayarkan di menit 78. Sundulan Mohammed Muntari mengecoh Mendy sekaligus menjaga asa tuan rumah. Ini menjadi gol pertama Qatar di Piala Dunia.

Sayang, harapan Qatar akhirnya pupus. Senegal menambah gol di menit 84 lewat tendangan terarah Bamba Dieng.

Skor 3-1 untuk kemenangan Senegal bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat Senegal menempati posisi ketiga Grup A dengan 3 poin dari 2 pertandingan. Poin Senegal sama dengan Belanda dan Ekuador.

Qatar dipastikan tersisih usai mendekam di juru kunci dengan 0 poin. Mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia kedua setelah Afrika Selatan pada 2010 yang tersingkir di fase grup.

Susunan Pemain

Qatar: Meshaal Barsham, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Ismaeel Mohammad, Pedro Miguel (Tarek Salma 83'), Homam Ahmed (Mohammed Waad Abdulwahab 83'), Karim Boudiaf (Abdelaziz Hatem 69'), Assim Madibo, Hassan Al Heidos (Mohammed Muntari 74'), Almoez Ali, Akram Afif.

Senegal: Edouard Mendy, Ismail Jakobs (Pape Abou Cisse 78'), Abdou Diallo, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly, Ismaila Sarr (Iliman Ndiaye 74'), Idrissa Gueye, Nampalys Mendy (Pape Matar Sarr 78'), Krepin Diatta (Pathe Ciss 64'), Boulaye Dia, Famara Diedhiou (Bamba Dieng 74').
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya